Beracunkah Creatine Monohydrate?

Creatine dianggap sebagai bahan berbahaya dan tidak sehat. Padahal dengan banyak manfaat yang diberikan, creatine bukan seperti yang anda kira.

 

“Jangan pake Creatine, ginjal lu bisa bocor” atau “kebanyakan creatine tuh bro ntar mandul lo”.

Kira-kira begini yang sering kita dengar di tempat gym atau mungkin tempat sauna saat lagi ngobrol-ngobrol. Nah bener ga nih?

 

Sebagian menganggap creatine monohydrate adalah racun bahkan ada yang berpikir ini adalah steroid yang mampu menghilangkan kesuburan seorang pria. Pokoknya salah ya salah, kalau belum ada salahnya ya dicari-cari dulu. Berikut adalah daftar beberapa mitos yang sering terdengar dan jawaban kami disertai data-data ilmiah.

 

Creatine Monohydrate mampu menyebabkan kanker

Mitos ini pertama kali diberitakan di Perancis, ini mitos yang menyedihkan mengingat penyebab pasti sebuah kanker hingga detik ini pun belum ditemukan. Creatine monohydrate adalah molekul yang diproduksi secara alami didalam tubuh dan berperan langsung dalam penyediaan energy bagi tubuh. Hingga detik ini sampai tulisan ini diturunkan tidak ada bukti jelas yang menghubungkan creatine dengan penyakit apapun.

 

Baca juga : Kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi whey protein?

 

Creatine Monohydrate adalah steroid

 

creatine monohydrate beracun
Creatine sama sekali tidak mengandung bahan anabolic steroid. via athletenetwork.com

 

Steroid adalah obat dan bukan suplemen. Untuk Indonesia, obat-obatan sejenis ini termasuk obat-obatan yang dilarang jika dikonsumsi tanpa resep dokter. Di sisi lain, creatine adalah suplemen fitnes dan bukan obat-obatan yang jelas legal serta mudah diperoleh bahkan tanpa adanya resep dokter sekalipun. Berapa kali anda mendengar bahwa creatine adalah steroid?

 

Creatine Monohydrate akan membuat otot anda lebih berkembang tanpa sama sekali berlatih beban.

 

Mari berpikir logis. Misal anda ingin mengerjakan sebuah ujian yang sama sekali belum anda pahami sebagai syarat naik kelas. Jika sampai hari H ujian anda sama sekali tidak belajar maka berapa % kemungkinan anda lulus? Kalaupun lulus tentu presentasenya sangat kecil tentunya.

 

Otot sama seperti otak, ia berkembang jika dilatih dan digunakan. Sebagai contoh lain anda bisa melihat astronot yang baru saja pulang dari luar angkasa untuk jangka waktu cukup lama. Begitu mereka merasakan gravitasi, sontak langsung bagian tubuh terutama otot kaki terasa sangat lemas karena tidak digunakan cukup lama.

 

Creatine akan menunjukkan hasil yang terbaik hanya jika anda memadukannya dengan latihan beban maupun latihan aerobik lainnya. Hal yang pasti, jangan berharap lebih jika usaha yang anda jalankan pun minim.

 

Creatine monohydrate akan merusak ginjal anda.

 

Sekali lagi, apapun yang anda konsumsi berlebihan akan menyebabkan efek samping yang buruk. Konsumsi creatine dengan bijak sesuai kebutuhan anda masing-masing. Sesuaikan berdasar kondisi tubuh dan aktifitas sehari-hari anda. Seorang pelari dengan mereka yang hanya melihat layar TV tentu memiliki kebutuhan yang berbeda.

 

Creatine Monohydrate menyebabkan kram otot.

 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2 grup atlet, yang satu memakai creatine dan yang lainnya tidak, menunjukan bahwa tidak ada kram yang disebabkan oleh pemakaian creatine. Bahkan di sebuah penelitian yang melibatkan pemain american football didalamnya, mengatakan bahwa cedera yang dialami oleh atlet cenderung berkurang saat berlatih.

 

Creatine Monohydrate menjadi penyebab retensi air yang berlebihan

 

Mitos ini cukup santer terdengar diseluruh Indonesia terutama yang terbiasa berlatih beban. Namun hal ini sudah dibuktikan salah oleh beberapa penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan massa air dari orang yang sebelumnya tidak konsumsi creatine dan kemudian konsumsi creatine. Tidak ada perubahan massa air yang terlalu signifikan dalam proses pengambilan data dalam penelitian ini. Namun dianjurkan bagi anda yang memiliki aktifitas diluar normal dan mengkonsumsi creatine monohydrate untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan harian anda.

 

Dengan segudang manfaat dan beberapa mitos yang terjawab, apakah anda masih takut mengkonsumsi creatine monohydrate?

 

 

Sumber :

  1. Will G Hopkins PhD, PhysiologyandPhysical Education, University of Otago, Dunedin 9001, New Zealand. Sportscience 4(1), sportsci.org/jour/0001/inbrief.html#creatine, 2000 (476 words).
  2. Mayhew, DL; Mayhew, JL; Ware, JS. Effects of long-termcreatinesupplementation on liver andkidneyfunctionsin American collegefootballplayers. Int J Sport NutrExercMetab2002:12(4):453-60
  3. Haugland RB andChang DT “Insulin effect on creatinetransportinskeletalmuscle” Proceedings of theSociety for ExperimentalBiologyandMedicine (1975) 148: 1-4

 

 

Comments

comments

Leave a Reply