Pertanyaan – Pertanyaan Yang Sering Muncul Sebelum Anda Mulai Berlatih Beban

pertanyaan seputar fitness

Berlatih beban (weight training ataupun resistance training) sudah menjadi sebuah budaya di masyarakat Indonesia. Tidak sedikit yang memilih untuk berlatih di gym dibanding diluar ruangan dan mulai berlatih beban.

.

Pertama karena aktifitas yang padat memaksa seseorang untuk  berlatih di malam hari dan yang kedua pertimbangan kenyamanan karena tidak sedikit juga yang komplek tempatnya tinggal dapat memungkinkan untuk berolahraga.

 

Pertanyaan tersebut tidak salah, namun yang merugikan adalah jawaban yang salah. Masih banyak sekali yang bertanya tentang bagaimana cara fitnes yang benar.

 

“Bingung harus memulai dari mana sebelum mulai berlatih beban”. Mungkin ini pernyataan tersering yang sering dijadikan alasan sebelum seseorang mulai berlatih beban.

 

Masih sering kami juga mendengar banyak advice yang diberikan kepada pemula sama sekali tidak berdasar teori apapun alias hanya berdasar kebiasaan si pemberi advice. Yang padahal, kebiasaan 1 orang tidak bisa disamakan dengan kebiasaan yang lain.

 

Sebagai contoh pernah ada yang bertanya tentang bagaimana cara melatih otot perut, si pemberi advice menjawab bahwa fokus saja pada otot dada karena lama kelamaan ia akan menarik otot perut dengan sendirinya. Wow !!

 

Apakah yang dimaksud dengan menarik otot perut berarti kram? Misteri yang tidak terpecahkan hingga saat ini.

Jawaban seperti ini mungkin tidak salah bagi si pemberi jawaban, namun apakah jawaban tersebut berdasar evidance based ?

Melihat kasus seperti ini kami akan memberikan beberapa jawaban atas pertanyaan – pertanyaan yang sering sekali muncul baik secara langsung di gym atau lewat grup. Here it is :

 

Q             : Mengapa saya harus mulai berlatih beban ? Kan saya mau menurunkan berat badan. Nanti   malah gendut.

A             : Pemahaman yang harus anda ubah adalah bukan menambah massa ototnya namun bagaimana agar metabolisme anda mampu meningkat secara drastis. Metabolisme sangat dipengaruhi oleh jaringan otot, dimana ia menjadi kunci dari proses ini.

Semakin tinggi jumlah jaringan otot yang anda miliki maka semakin tinggi pula metabolisme anda setiap harinya.

Lagipula.. Semenjak Anda memiliki jaringan otot yang lebih banyak dari jaringan lemak, maka tubuh akan jauh lebih padat dan volume lebih kecil bahkan dengan berat badan yang sama.

Q             : Kapan waktu terbaik saya untuk berlatih beban?

A             : Tidak ada waktu yang terbaik. Kapan saja ketika waktu kosong. Jangan bolos kuliah atau bolos kerja dengan alasan ingin nge-gym. Luangkan waktu dan jangan menunggu waktu kosong sehingga tidak ada lagi alasan terlalu sibuk sehingga tidak sempat untuk berolahraga.

                Namun pastikan selalu makan makanan ringan dulu sebelum berlatih beban sebagai sumber energi.

 

Q             : Oke deh saya mau ngegym. Lantas apa yang harus saya lakukan?

A             : Hal pertama jelas cari dulu tempat gym yang memungkinkan anda untuk berlatih lebih rutin tanpa ada kendala seperti akses jalan yang selalu macet, lokasi yang terlalu jauh, atau tempat gym yang tidak nyaman.

                Sebelum mendaftar sangat wajar Anda melihat – lihat tempat gym. Perlu diingat, tempat gym yang membuat Anda nyaman akan sangat mempengaruhi progress latihan.

Kedua, pahami goal yang ingin Anda capai. Apapun itu, fokus pada goal terlebih dahulu. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan bingung bagaimana caranya, kami membuat sebuah panduan fatloss pemula yang dapat Anda ikuti langkah demi langkah.

 

Q             : Hmm. Saya kurus, tapi perut sangat buncit dan masih ada lemak dimana – mana. Saya harus apa? Serta berapa kali harus ke gym?

A             : Pada kasus ini, kasusnya sama pada mereka yang ingin menurunkan berat badan dan kadar lemak.

Perut buncit itu berarti lemak, kasus yang berbeda ditemukan pada mereka yang kecanduan alcohol atau memiliki cairan di intraabdominalnya seperti ascites. Namun kebanyakan adalah jaringan lemak pada lapisan subkutan yang menumpuk.

                Hal mudah yang harus dilakukan adalah luangkan waktu setiap harinya selama 1 jam. Ingat, 1 jam ini hanya 4% dari keseluruhan waktu yang anda miliki setiap harinya.

Gunakan 1 jam tersebut dengan berlatih beban setiap 2 hari sekali dan cardio pada hari dimana anda tidak berlatih beban.

                Sebagai contoh, senin anda berlatih beban lalu selingi dengan latihan aerobic pada hari selasa kemudian rabu mulai berlatih beban lagi.

                Baca juga tentang bagaimana proses metabolisme dapat membantu anda membakar lemak.

 

Q             : Dalam 1 jam itu apa yang harus saya lakukan?

A             : Banyak, yang pasti jangan hanya duduk menonton TV kecuali sesi latihan anda sudah usai. Dalam 1 sesi latihan terdiri dari 1 sesi otot mayor dan 1 sesi otot minor. Pada perkembangannya nanti anda bisa hanya melatih otot mayor saja setiap sesinya

 

Q             : Apa saja otot yang dilatih?

A             : Otot mayor terdiri dari otot dada (Musculus Pectoralis), otot punggung (M. Latissimus Dorsi, M. Teres Mayor et Minor), otot bahu (M. Deltoideus, M. Trapezius), otot kaki mayor (Hamstring, M. Quadriceps Femoris, M. Gluteus).

                Otot minor terdiri dari otot lengan (M. Biceps dan M. Triceps), otot betis (calves), forearm dan otot perut (m. abdominis)

 

Q             : Berapa kali dalam 1 minggu otot tersebut harus dilatih?

A             : Dalam 1 minggu pastikan setiap otot yang anda miliki mampu dilatih dengan sempurna sebanyak 1x saja. Sebagai contoh saya berikan aturan pola latihan yang dapat anda contoh beserta set dan repetisinya.

 

HariJenis OtotJumlah VariasiSetRepetisi
SeninChest44/varian15-8
 Bicep24/varian12-6
SelasaRest
RabuBack44/varian15-8
 Calves24/varian12-6
KamisRest

               

                Aturan ini tidak mengikat, anda boleh menggantinya sesuka hati.

                Fitnestips : Jika anda sudah membuat rencana variasi otot apa yang akan anda latih pada hari tersebut, maka pastikan bahwa anda tidak merubahnya atau menambah sesi otot yang sudah anda latih sebelumnya apalagi bolos. Hal ini diperuntukkan agar anda tidak merusak jadwal yang sudah ada saat ini dan kedepannya.

 

Q             : Berapa beban yang harus saya angkat?

A             : Intinya, gym bukan tempat anda pamer kekuatan atau adu teriak sekuat – kuatnya namun beban yang tidak seberapa.

Saya  tahu, itu menyebalkan. Sekalipun kadang karena ikatan member yang sangat erat mereka sering menyemangati anda dengan teriakan – teriakan saat mengangkat. Ini justru yang membuat gym menjadi sebuah gym, bukan cuma ruang alat berat.

Menyadari hal ini maka JANGAN MENGUTAMAKAN BEBAN.

Mungkin boleh saya tekankan sekali lagi untuk tidak MENGUTAMAKAN BEBAN YANG ANDA ANGKAT.

Namun yang perlu anda perhatikan adalah FORM karena inilah sebenarnya inti dari fitnes yang benar. Hal wajar ketika sebelah anda melakukan flat bench press sebesar 50 kg tiap sisinya dan anda ikut termotivasi untuk mengangkat lebih berat. Namun setiap orang punya kemampuannya masing – masing. Bisa jadi sebelah anda adalah binaraga yang sudah berada di dunianya selama 15 tahun, 50 kg tiap sisi bisa jadi hanya pemanasan.

 

Perhatikan form terbaik dari setiap repetisi yang anda lakukan. Apa yang harus anda pahami seputar form?

 

  1. Pastikan anda mengetahui otot apa yang sedang anda latih menggunakan alat ini.
  2. Mulai dengan beban yang kira – kira anda mampu mengangkatnya.
  3. Angkat dengan maksimal hingga anda hanya bisa mengangkat sebanyak 12 atau 15 repetisi. Mengapa repetisi ini? Karena ini repetisi awal dimana otot anda mampu merasakan kontraksi maksimal.
  4. Jangan terlalu terburu – buru untuk melakukan sebuah repetisi. Pastikan bahwa tubuh anda sudah nyaman sebelum mengangkat.
  5. Balik ke poin nomor 1, pastikan juga bahwa setiap repetisi yang anda angkat melatih otot yang dilatih dan terkonsentrasi.

Related : maksimalkan pertumbuhan otot dengan Pause Movement

.

Q             : Suplemen terbaik apa yang harus saya pakai ?

A             : Perlu diingat bahwa setiap suplemen baik dan terbaik di golongannya asal pemilihan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

                Sebagai contoh jika anda ingin menurunkan berat badan, meningkatkan massa otot padat bebas lemak, whey protein dan fat burner dapat menjadi pilihan.

                Atau jika anda memiliki tubuh bawaan kurus dan ingin menambah berat badan maka weight gainer, creatine serta BCAA dapat menjadi daftar teratas dari pemilihan suplemen anda.

                Related :

                3 rekomendasi suplemen yang tepat bagi pemula

                Fungsi medis whey protein bagi Anda.

                Namun sekali lagi selalu sesuaikan dengan kebutuhan akan goal yang ingin anda capai. Karena ada banyak lagi kebutuhan dan tidak hanya seputar menurunkan atau menambah berat badan.

                Bisa jadi ingin mempertahankan kebugaran atau meningkatkan stamina dan lain sebagainya.

                Sebelum lebih jauh, ada lebih baiknya anda memahami definisi dan seluk beluk mengenai suplemen.

 

Q             : Masih punya pertanyaan lain seputar latihan beban?

A             : Daftarkan email anda pada slot email dibawah atau bergabung bersama kami dan member lainnya di grup yang kami kelola langsung disini.

 

Comments

comments

Leave a Reply