2 Hal Yang Wajib Anda Kenali Sebelum Memilih Program Diet

2 program yang harus anda perhatikan sebelum memulai gym

author fitnestips inez indriyani

 

 

Terdapat beragam macam nama program didunia. Apapun namanya itu mulai dari sebuah metode hingga ke sebuah tantangan (challange).

 

Sekalipun terdapat banyak sekali pilihan namun pada dasarnya hanya ada dua macam hal dalam rangka mencapai tubuh ideal yaitu :

 

  • Lean Muscle Gain (menambah massa otot sambil mempertahankan kadar lemak)
  • Fat Loss (menurunkan kadar lemak badan).  

 

Prinsip Dasar Sebelum Anda Memulai

 

Agar mempermudah akan saya berikan prinsip mendasar yang perlu anda pahami. Meningkatkan massa otot berarti anda harus menambah kebutuhan harian dan mengkondisikan tubuh pada surplus kalori. Sehingga kebutuhan harian anda tercukupi bahkan harus dilebihkan agar mampu meningkatkan massa otot. Namun pahami dulu tentang bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori harian anda.

 

Sesederhana itu,

 

Konsumsi protein yang cukup sebagai makronutrisi dominan harus mendukung situasi ini. Tujuannya adalah agar regenerasi sel bisa terjamin.

 

Lean muscle mass ( otot murni, tanpa lemak ) akan terjadi bila protein sintesis melebihi proses degenerasi protein. Perlu diketahui, pada saat  kita menjalani latihan beban di gym sebenarnya kita bukan membangun jaringan otot. Sebaliknya, kita justru melakukan proses ‘perusakan’ di otot, namun perusakan yang terjadi sifatnya terkontrol.

 

Lapisan otot senantiasa membelah dan ia tumbuh setelah lapisan otot yang rusak itu sudah diperbaiki. Dalam proses itu disinilah protein berperan sangat besar.

 

Semakin besar perusakan otot yang terkontrol ini terjadi dan semakin optimal kita bisa memastikan lebih banyak protein sintesis , maka semakin besar potensi kita untuk beradaptasi dengan stimulus ( latihan beban ). Untuk mencapai kondisi ini, kita harus di posisi regeneratif ( anabolik) untuk itulah surplus kalori diperlukan.

 

program latihan fitness untuk pemula
Fatloss bukan perlombaan, menjaga massa otot anda sebaik – baiknya pun merupakan bagian dari program fatloss. via fatlossforbeginner.com

 

 

Dalam program fat loss ( penurunan lemak badan ), liposis ( penggunaan lemak sebagai energi utama) harus melebihi lipogenesis ( penyimpanan energi berlebih dalam bentuk lemak di bawah kulit). Kita juga harus dalam posisi katabolik ( degeneratif ).

 

“Rules Fat Loss = Liposis > Lipogenesis”

 

Proses ini bisa dibantu dengan memastikan plasma insulin yang rendah , dan / atau peningkatan hormon stres ( yang sifatnya membantu pembakaran lemak ).

 

Menurunkan konsumsi karbohidrat sekitar waktu olah raga menstimulasi peningkatan hormon stress. Kondisi ini yang biasanya terjadi dalam proses latihan intensitas tinggi atau penggunaan stimulan seperi kafein . Hasilnya sel lemak akan di oksidasi sebagai energi.

 

Inilah alasannya mengapa banyak orang yang menyarankan diet dengan karbohidrat yang rendah sebagai salah satu faktor keberhasilan diet.

 

Baca juga : 7 kebiasaan yang membuat otot anda sulit berkembang

 

Dua program ( lean mass gain dan fat loss ) berperan dalam mencapai fisik ideal, namun ada batas jangka waktu dalam penerapan tahap – tahap tersebut.

 

program latihan fitness untuk pemula
Penurunan massa otot sama saja dengan penurunan metabolisme tubuh anda

 

Jika proses ini berjalan terlalu lama dimana dalam jangka waktu panjang anda mengalami surplus kalori maka jaringan lemak anda akan berpotensial naik dan menjadi gemuk.

 

Sebaliknya jika terlalu lama dalam kondisi minim kalori otot anda akan terbuang.

 

Dilema bukan? Namun inilah uniknya tubuh anda.

Perlu anda ingat dan yang selalu saya tekankan pada seluruh klien saya. Fatloss bukanlah perlombaan menurunkan sebanyak – banyaknya berat badan namun menurunkan kadar lemak sambil mempertahankan massa otot.

 

Inilah mengapa binaraga natural mengalami proses yang lebih sulit dan panjang dalam menurunkan massa lemak dan mempertahankan massa ototnya.

Kadang – mencegah penimbunan lemak yang berlebih sejak awal ,atau justru mencegah pengikisan massa otot adalah strategi yang lebih mudah daripada secara agresif mencoba meningkatkan otot atau menurunkan lemak.

Comments

comments

Leave a Reply