Alasan Mengapa Diet Yang Anda Lakukan Selama Ini Adalah Percuma

author fitnestips inez indriyani

 

Tidak ada diet yang sukses dijalankan jika anda masih memiliki mindset seperti ini….

Masih tentang fatloss program karena saya melihat masih sangat banyak mereka yang memiliki kendala dengan penurunan berat badan.

Defisit kalori…

 

Prinsip ini yang harus selalu anda pegang manakala menjalankan program diet.  

 

Defisit kalori diraih dari berbagai macam cara. Tiga cara yang bisa anda gunakan dalam mencapai defisit kalori adalah dengan

 

  1. Makan lebih sedikit
  2. Meningkatkan aktivitas
  3. Kombinasi dari dua cara tersebut.

 

Seringkali saya menjumpai calon klien yang mengeluh bahwa mereka sudah makan sangat sedikit ditambah olah raga mati – matian , namun tidak kunjung turun berat badannya.

 

Berikut saya jabarkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketidak suksesan itu :

 

1.Semakin sedikit semakin buruk (?)

 

Defisit kalori memang benar adanya untuk fatloss, tapi jumlah kalori yang terlalu sedikit juga mengganggu proses fatloss anda
Defisit kalori memang benar adanya untuk fatloss, tapi jumlah kalori yang terlalu sedikit juga mengganggu proses fatloss anda

Coba tanya pada diri anda sendiri seketika saya mengatakan tentang defisit kalori. Tentu anda saat ini berkesimpulan bahwa semakin sedikit makanan yang anda konsumsi dalam 1 hari maka diet yang anda jalankan = SUKSES.

 

Ketahuilah itu tidak sepenuhnya benar.

 

Mereka berpikir semakin sedikit itu semakin baik.

 

Sebagai contoh begini,

 

Setelah anda menghitung kebutuhan kalori dasar harian anda ditemukan bahwa kebutuhan anda adalah 2000 kalori / hari.

 

Baca juga : Motivasi awal untuk memulai hidup sehat anda

 

Logikanya,

 

dengan mengkonsumsi 800 kalori dan 1800 kalori per harinya anda sudah mencapai tahap defisit kalori. Hal ini dikarenakan keduanya sama – sama menempatkan anda dalam kondisi defisit. Pertanyaannya adalah :

 

“Apakah kedua kondisi defisit tersebut juga akan menghasilkan hasil yang sama?”

 

Anda tentu akan menjawab bahwa 800 kalori per hari akan menjawab pertanyaan

 

Tidak juga !

 

Seberapa lama anda mampu bertahan dalam menempatkan tubuh di kebutuhan 800 kalori per hari? 1 minggu? 2 minggu? Selepas itu anda tentu akan jenuh dan kembali pada kebiasaan awal.

 

Namun berapa lama anda mampu bertahan dengan kondisi 1800 kalori per hari dimana anda dapat makan lebih kenyang setiap harinya?

 

Diet adalah perihal konsistensi berapa lama anda mampu bertahan didalamnya.

 

2.Pola diet dan latihan yang tidak sesuai

 

Mereka menerapkan jenis olah raga dan diet yang tidak disukai. Proses penurunan lemak tubuh akan lebih bisa dinikmati bila mereka juga menyukai apa yang mereka lakukan dan yang mereka makan .

 

Pernah dengar susu pengganti makan untuk menurunkan berat  badan? Pada umumnya produk produk itu rasanya tidak nikmat. Penggunaan susu seperti itu membantu anda menurunkan berat badan dengan rasa kenyang dan kalori rendah.

 

Namun strategi ini justru membuat proses penurunan berat badan tidak berkesinambungan karena pada akhirnya mereka akan bosan dan berhenti mengkonsumsi produk itu. Lagi, nutrisi yang anda dapat pun tidak akan lengkap.

 

3.Reward & Punishment

 

“Salah satu kesalahan besar dalam diet adalah anda menganggap bahwa proses ini adalah sebuah hukuman”

 

Ketika anda memilih untuk memulai ini mengapa anda menganggap ini sebuah hukuman?

 

Dampak dari anggapan hukuman ini maka anda mengharapkan sebuah hadiah.

 

Dalam prosesnya anda mengkategorikan makanan jenis ‘jahat’ dan makanan ‘baik’. Diet untuk menurunkan lemak badan sebaiknya tidak dipandang sebagai ‘hukuman’. Makanan favorit anda tidak harus dipandang sebagai biang kerok badan menjadi gemuk.

 

Mengkonsumsi makanan favorit secara terkontrol dalam diet sehari – hari jauh lebih menjamin penurunan berat badan yang sukses dan berjangka panjang daripada menahan secara berlebih hasrat untuk makan makanan favorit.

 

Apa dampaknya?..

 

Pada akhirnya ini semua berdampak pada ‘balas dendam’ atau yang sering orang bilang ‘kalap’.

 

Adakah anda yang sedang membaca ini menganggap bahwa diet adalah makanan yang serba direbus, tanpa garam, sedikit gula, dan porsi kecil – kecil?

 

Jika ini merupakan pilihan gaya pola makan anda itu bergantung pada anda. Namun jika anda menganggap diet adalah seperti ini maka JANGAN PERNAH BERPIKIR UNTUK DIET.

 

4.Diet bukan sprint, melainkan marathon

 

diet yang perlahan namun bertahan lama jauh lebih baik dari diet yang hanya sesaat saja.
diet yang perlahan namun bertahan lama jauh lebih baik dari diet yang hanya sesaat saja.

 

Pernah anda makan sebuah eskrim dalam program diet anda? Atau saat anda seharusnya makan 100 gram nasi tapi justru memakan 200 gram nasi? Sehingga sisa hari dihabiskan dengan rasa sesal dan makan tidak sesuai rencana.

 

Hal seperti itu seharusnya tidak perlu terjadi. Sadarilah bahwa masih ada kesempatan untuk kembali di jalur yang benar dan tidak perlu merasa bersalah.

 

Diet adalah bagaimana anda tetap konsisten. Seorang expert sekalipun pernah melakukan kesalahan dalam diet namun bukan berarti itu akhir dari diet anda.

 

5.Terlalu banyak “maklum”

 

Mereka banyak alasan. “ Ah, sedikit saja tidak apa apa.” sedikit, demi sedikit menjadi bukit, dan kalori yang dari sedikit menjadi banyak dan hasilnya tidak lagi defisit.

 

Karena terlalu banyak memaafkan seperti ini dan banyak membuat alasan justru akan menjadi sebuah kebiasaan.

 

Sebenarnya diet penurunan berat badan (fatloss) dengan prinsip defisit kalori tidak perlu rumit. Satu hal yang perlu anda sadari, hal ini memang membutuhkan waktu dan kesabaran , juga disiplin walaupun tidak perlu sampai ekstrim.

 

Dan yang terpenting  adalah nikmati prosesnya, dan tidak akan terasa seperti hukuman. Seperti bekerja 7 hari dalam seminggu, bila anda menyukai apa yang anda lakukan dan mendapat imbalan atau hasil dari kerja keras anda – anda akan lebih bersemangat.

 

 

Gunakan aturan pola diet yang sudah kami berikan melalui artikel panduan fatloss bagi pemula.

Comments

comments

Leave a Reply