3 Panduan Mudah Untuk Memilih Suplemen Fitness Yang Tepat

panduan memilih suplemen fitness

Suplemen fitness sudah cukup dikenal lama di Indonesia, padahal keberadaannya sendiri sudah mencapai lebih dari 50 tahun di dunia.

Namun pemahaman dalam pemilihan dan penggunaan suplemen fitness masih jarang karena gaya hidup fitness di Indonesia pun baru akhir – akhir ini semakin meluas di Nusantara.

Definisi suplemen sendiri dapat anda temukan disini. Dimana kami membahas tentang bagaimana definisi suplemen dari segi manfaat, kriteria sebuah suplemen yang membedakannya dengan obat – obatan.

Kebutuhan wanita dewasa ini akan bentuk tubuhnya sudah sangat berbeda. Wanita tidak lagi hanya mengejar “jarum timbangan” dimana semakin kecil anda maka semakin cantik. Wanita sudah mulai beralih tentang “body curve” dimana estetis tubuh lebih diutamakan dari sekadar berat badan.

Hal ini lah yang mendorong kaum hawa memasukkan program latihan beban kedalam pola diet mereka. Hal yang dulunya sempat ditakuti karena latihan beban dianggap mampu membuat tubuh seorang wanita menjadi kekar.

Padahal faktanya banyak manfaat latihan beban bagi wanita yang belum anda pahami diluar mitos kosong tentang akan kekarnya tubuh wanita ketika berlatih beban.

Tapi bagi anda yang sampai ketika membaca artikel ini belum memulai latihan beban maka baca dulu beberapa artikel yang telah kami siapkan khusus bagi anda :

  • Latihan beban dan pencegahannya bagi osteoporosis
  • Q & A sebelum anda mulai berlatih beban

Pola latihan yang tepat dan rutin tidak dapat berlangsung sempurna tanpa pola makan yang tepat sesuai kebutuhan dan tujuan.

Mungkin anda pernah melihat beberapa kasus disekitar tentang banyaknya orang yang sangat rutin berolahraga dan sangat intense di gym. Namun setelah berjalan 2 atau 4 bulan tidak ada perubahan yang terlalu berarti pada tubuhnya.

Mengapa ? Mudah saja, fitness bukan masalah anda berlatih beban atau berolahraga sampai batas. Fitness memiliki 3 unsur penting yang menyusunnya yaitu : Aktifitas Fisik, Nutrisi, Istirahat, dan Kesehatan Mental.

Jika anda hanya menjalankan salah satunya maka bukan tidak mungkin usaha yang anda lakukan seberat apapun itu akan sia – sia.

Kesehatan mental atau tingkat stress juga memiliki peran penting untuk mencapai goal yang anda inginkan.

Pada bahasan kali ini secara khusus kami ingin membahas bagaimana memilih suplemen fitness yang tepat bagi anda. Mengingat peran suplemen cukup penting dalam menyempurnakan kelengkapan nutrisi anda. Dikarenakan tidak semua sumber nutrisi dapat anda miliki dari makanan sehari – hari ditambah lagi dengan banyaknya radikal bebas yang tidak menjamin kebersihan dari makanan yang kita konsumsi sehari – hari.

Bagaimana Memilih Suplemen Fitness yang Sesuai Kebutuhan?

  1. Pahami Goal Yang Ingin Anda Capai

“Suplemen apa sih yang paling bagus buat saya?”

Pertanyaan tersering yang masuk ke email dan kontak kami.  Jujur saja ketika ditanya seperti ini saya juga bingung. Ini seperti bertanya baju apa yang bagus buat saya tanpa memberi tahu tujuan anda membeli baju.

Saya tidak tahu anda membeli baju untuk pergi ke pesta, menghadiri jamuan makan malam penting, urusan bisnis, atau hanya piknik.

Paham jalan pemikirannya? Setiap baju sangat bagus jika digunakan sesuai kebutuhan dan tujuan. Begitu juga yang berlaku pada suplemen fitness.

Weight gainer adalah susu protein dengan komposisi protein dan karbohidrat disertai jumlah kalori yang sangat tinggi. Cocok bagi mereka yang ingin menambah berat badan, tapi jelas tidak cocok bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Penggunaan weight gainer hanya membuat anda surplus kalori.

Jika anda ingin menurunkan berat badan maka ada beberapa suplemen yang kami rekomendasikan :

  • Whey Protein :
    • sebagai asupan lengkap protein tinggi (lebih dari 80% protein per serving) namun memiliki kalori yang sangat rendah
  • BCAA :
    • Membantu tubuh untuk menjalankan fase pemulihan dan memastikan bahwa otot yang rusak karena latihan tidak membutuhkan waktu lama untuk menjadi sel baru dan lebih baik. Ini membantu metabolisme tubuh anda menjadi lebih maksimal dan membakar kalori lebih banyak
  • Casein :
    • Tidur adalah “ladang recovery”. Mengapa? Karena di fase ini tubuh benar – benar memaksimalkan fungsi tubuh hanya untuk memulihkan sel – sel tubuh agar kembali normal. Penggunaan casein membuat tubuh menjadi semakin efektif dalam meningkatkan fase pemulihan dikala tidur
  • Fat Burner :
    • Tipe endomorph memiliki kecenderungan yaitu metabolisme yang lambat. Fat burner baik stimulant maupun non stimulant berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
      • Rekomendasi Fat Burner bagi wanita : Tone (Non- Stimulant) dan Burn (Stimulant)
      • Rekomendasi Fat Burner bagi pria : Shred Matrix (Stimulant) dan CLA Core (Non-Stimulant)

1.Baca Kandungan Nutrisi

Hindari berbagai komposisi – komposisi berbahaya yang justru merugikan tubuh. Sebelumnya kami pernah membahas mengenai komposisi – komposisi yang berbahaya dan membedakan antara suplemen dengan obat – obatan diet berbahaya disini.

2. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Berhemat memang baik namun jika itu justru mengurangi atau menambah dosis sehingga kebutuhan anda tidak tercapai atau justru berlebih itu merupakan hal yang salah.

Sebagai contoh untuk penggunaan yang salah adalah sajian yang disarankan untuk penggunaan whey protein adalah 1 scoop per sajian dan digunakan 2x sehari yaitu pagi hari dan sebelum latihan.

Namun karena mahal anda hanya menggunakan 1x setelah latihan dimana latihan anda hanya 3x dalam seminggu. Whey protein bukan bubuk ajaib yang memberi dampak luar biasa hanya selepas anda berlatih. Whey protein merupakan suplemen fitness yang memenuhi kebutuhan nutrisi, sedangkan pemenuhan nutrisi seharusnya dipenuhi setiap hari.

Hasilnya? Penggunaan whey protein tidak ada hasil apapun pada tubuh. Saya sering mengatakan bahwa suplemen bukan obat, tidak ada sifat ketergantungan disini jadi lepas anda menggunakan suplemen tidak serta merta tubuh anda langsung kehilangan massa otot atau menjadi lemas dsb.

Baca juga : Alasan mengapa wanita tidak perlu takut dengan penggunaan whey protein

Gunakan sesuai kebutuhan dan maksimalkan latihan anda.

Nutrisi yang tidak seimbang juga merupakan salah satu sebab mengapa seseorang gagal untuk diet. Pastikan anda tidak melupakan kebutuhan nutrisi sementara tubuh bekerja keras. Sebuah mobil mewah tentu membutuhkan bahan bakar yang jauh lebih berkualitas dan lebih banyak dari mobil biasa.

Pilihan anda apakah anda sebuah mobil mewah atau hanya mobil biasa?

 

Comments

comments

Leave a Reply