5 Alasan Utama Mengapa Wanita Tidak Perlu Takut Meningkatkan Massa Otot

Ketimbang berpikir tentang mitosnya, ini manfaat yang bisa didapat dari wanita yang berlatih beban.

Cewek pergi ke gym dulu hal yang aneh. Sekarang ? sudah biasa. Tapi cewek yang ikut latihan beban? Belum biasa. Mereka masih kebiasaan atau mungkin lebih nyaman nongkrong di alat – alat cardio.

 

Tidak ada maksud mengatakan bahwa keputusan Anda adalah konyol. Bisa jadi itu memang menjadi pilihan masing – masing orang. Karena memang tidak semua menyukai weight lifting. Hal yang ingin kami tekankan disini adalah alasan yang melatarbelakangi keputusan tersebut. Banyak alasan yang tidak berdasar sehingga dapat dianggap konyol.

 

Tahukah Anda bahwa beberapa pemahaman tidak hanya terjadi pada wanita, tapi juga pria. Masih banyak pria yang beranggapan bahwa latihan beban berarti badan akan membengkak dan membesar. Dapat Anda tanyakan pada mereka yang sehari – harinya berlatih beban menggunakan beban sangat berat, apakah meningkatkan massa otot adalah hal yang mudah.

 

Jawabannya, sulit bukan main !! Maka sebelum lebih jauh Anda bisa melihat transformasi Valeria terlebih dahulu.

 

Mereka (baik pria maupun wanita) biasanya menginginkan badan langsing tanpa otot, sehingga mereka lebih sering untuk menggunakan alat-alat fitnes seperti treadmill atau sepeda statis. Dengan harapan bahwa latihan kardio akan membuat tubuh menjadi lebih langsing tanpa berotot.

 

mitos berlatih beban bagi wanita

 

Tujuan utama rata – rata orang ke gym adalah untuk menurunkan berat badan atau menurunkan kadar lemak serta menjadikan badan menjadi lebih padat. Kebanyakan orang pasti memiliki alasan yang (kurang lebih) sama.

 

Menurunkan berat badan merupakan hal yang mudah. Secara umum tubuh terpisah menjadi jaringan lemak, cairan, jaringan otot, serta tulang. Hanya tulang yang tidak bisa dikurangi massanya. Jika Anda ingin menurunkan drastis sebanyak 5 kg bahkan 10 kg setiap minggu Anda bisa fokus pada cairan tubuh. Dimana dengan berkurangnya cairan tubuh maka tubuh akan menurunkan berat badan secara drastis. Tapi jangan ditanya jika berat badan tersebut kembali lagi.

Baca juga : Ikuti program ini maka anda dapat menurunkan 1 kg setiap minggunya

 

Namun jika ingin menurunkan berat badan dan membuat badan lebih padat atau kata orang gombyor maka ini hal yang berbeda. Beda tujuan jelas berbeda caranya.

 

Latihan beban merupakan sarana yang tepat jika Anda bertujuan untuk memiliki badan yang padat. Mengapa? Latihan beban merupakan salah satu jenis latihan yang memiliki intensitas sangat tinggi karena ia menggerakkan dan mengontraksikan lebih banyak massa otot. Bahkan jika dijalankan dengan benar, ia membakar kalori lebih banyak daripada olahraga jenis lain dengan durasi yang sama.

 

Baca disini tentang repetisi vs beban untuk mendapat hasil yang lebih maksimal di gym

 

Memiliki badan berotot sepertinya membuat banyak dari mereka yang kurang paham merasa ketakutan. Bayangan mereka adalah figur seorang Ade Rai yang luar biasa besar.

 

“Gak, gak mau banget badan kayak gitu, cuma pingin lean aja”

 

Sayangnya seiring berjalan mereka baru paham bahwa menjadi lean saja perjuangannya tidak mudah.

 

Apa itu otot ? Mengapa Anda takut dengan otot?

Otot adalah jaringan hidup yang dapat meningkatkan metabolisme, sehingga ia akan tetap membutuhkan kalori bahkan pada saat istirahat seperti tidur. Pada saat tidur otot akan membakar kalori untuk tetap bertahan hidup. Semakin banyak otot yang Anda miliki maka akan lebih banyak kalori yang akan terbakar tanpa usaha ekstra sama sekali. Setiap satu pon otot yang Anda miliki dapat membakar ekstra 50 kalori per harinya.

 

Bayangkan jika Anda hanya duduk dan membakar kalori lebih banyak daripada teman duduk sebelah Anda.

 

Pada dasarnya wanita tidak mungkin memiliki massa otot dengan cara yang sama seperti laki-laki. Paling tidak wanita harus mengangkat beban sepuluh kali lebih berat dibandingkan dengan laki-laki baru tubuh mereka akan tampak berotot. Itupun hanya sedikit berotot. Hal ini juga disebabkan oleh hormon testosteron antara wanita dan laki-laki yang berbeda.

 

Baca juga : mengenal hormon – hormon yang berperan penting dalam proses tubuh Anda

 

Tahukah Anda bahwa wanita merupakan spesies yang sangat sulit membakar lemak dan menimbun otot?

 

Wanita membutuhkan segala macam bentuk olahraga dengan intensitas tinggi untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Ini semua dikarenakan peranan hormon yang sangat berbeda antara pria dan wanita.

 

Oleh karena itu mereka harus melakukan kerja keras untuk mencapai tujuan yaitu memiliki badan yang diinginkan.

 

Latihan yang dapat meningkatkan kekuatan seperti deadlifts, squats, lunges, clean and jerks dan latihan tabata atau fartlek dengan intensitas yang tinggi memiliki dampak yang lebih positif daripada lari di atas treadmill selama setengah jam atau cross trainer bahkan dengan intensitas tinggi sekalipun.

 

Berikut ini merupakan alasan mengapa wanita tidak perlu takut untuk menambah massa otot:

 

1.Lebih mudah mengurangi lemak di dalam tubuh

Kelebihan lemak dalam tubuh dapat menimbulkan masalah serius. Lemak yang berlebihan dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi mengandung kalori yang tinggi sehingga melebihi kebutuhan kalori harian.

 

Image artikel (6)

 

Semua jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh bisa saja termasuk dalam lemak jenuh yang buruk bagi tubuh. Penumpukan lemak sebagai dampak dari sisa kalori yang tidak terpakai dapat menyebabkan seseorang menjadi gendut dan jika dibiarkan terus-menerus akan mengarahkan pada  obesitas. Obesitas sendiri dapat memacu beberapa penyakit seperti jantung, stroke dan paru-paru.

 

Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan juga dapat membuat kandungan kolesterol meningkat yang berakibat buruk untuk arteri jantung. Jika sudah terjadi kerusakan arteri maka dapat menyebabkan masalah pada otak bahkan ginjal.

 

Salah satu solusi yang dapat diterapkan dalam mengurangi lemak dalam tubuh adalah dengan cara melakukan olahraga yang dapat meningkatkan massa otot, salah satunya angkat beban. Menambah massa otot dapat membantu tubuh dalam mengurangi lemak karena meningkatkan metabolisme yang dapat membakar kalori secara berkala.

Banyak wanita yang tidak tahu bahwa dengan melatih otot dapat melindungi tubuh dari menumpuknya lemak.

 

2.Tulang lebih kuat

Wanita mulai kehilangan kepadatan tulang pada awal usia 30 dan semakin menurun saat sudah menopause. Salah satu penyakit yang muncul saat kepadatan tulang sudah menurun adalah penyakit osteoporosis. Penyakit yang hampir pasti menyerang wanita ketika menopause.

 

Penyakit osteoporosis merupakan penyakit tulang rapuh yang ditandai dengan hilangnya kepadatan tulang sehingga tulang mudah patah serta tidak tahan dengan benturan yang ringan. Hormon estrogen memiliki peranan mengapa wanita memiliki kerentanan yang tinggi terhadap osteoporosis dibanding pria.

 

Meningkatkan massa otot dapat mencegah osteoporosis, alasannya adalah meningkatnya massa otot dapat membuat tubuh memiliki kemampuan untuk menyangga keseimbangan asam dan beban asam yang tinggi dalam tubuh menyebabkan hilangnya tulang. Selain itu latihan dengan menambah massa otot salah satunya angkat beban juga dapat menstimulasi pertumbuhan kepadatan tulang dalam tubuh.

 

3.Mengurangi resiko depresi

Beberapa di antara kita mungkin pernah mengalami depresi. Depresi yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama ternyata dapat menurunkan kekebalan tubuh seseorang dan membuat Anda menjadi lebih gampang sakit. Depresi juga dapat meningkatkan kadar hormon stres.

 

Orang yang sedang depresi pada umumnya akan mengalami perubahan pola makan. Hal ini menyebabkan seseorang cenderung merasa lebih lapar atau justru tidak memiliki selera makan.

 

Baca juga : kebiasaan stress yang akan mengarahkan Anda pada kebiasaan makan berlebihan

 

Selain itu, depresi juga dapat memengaruhi dan mengganggu pola tidur. Orang yang sedang depresi biasanya tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Kebiasaan ini akan mengarahkan Anda kepada bentuk tubuh yang jauh lebih buruk dari yang Anda miliki sekarang.

 

Ada 2 hal yang diubah dalam proses ketika Anda berlatih beban.

 

  1. Seiring berjalannya waktu dan tubuh Anda sudah menunjukkan hasil positif dari rutinitas yang dilakukan maka secara psikologis ini akan meningkatkan rasa percaya diri Anda menjadi jauh lebih besar. Kenyamanan dari diri merupakan awal yang baik untuk mengatasi stres
  2. Secara langsung, kebiasaan sehat memang berpengaruh pada stabilitas mood yang bisa menjauhkan Anda dari rasa stres.

 

4.Mengurangi cedera punggung dan postur tubuh menjadi lebih baik

Postur tubuh akan kami tekankan baik dari kebiasaan maupun dari bawaan lahir. Hal ini dikarenakan memang ada beberapa kelainan postur yang dikarenakan kelainan tulang punggung semenjak lahir.

 

Secantik apapun Anda, jika kebiasaan membentuk postur Anda menjadi buruk maka akan tetap kurang nyaman dipandang. Kecantikan dan ketampanan bukan hanya berasal dari wajah tapi juga dari bahasa tubuh. Postur mewakili bahasa tubuh dengan sangat baik.

 

Tidak hanya itu, orang dengan postur yang buruk sering mengeluh mudah lelah. Postur tubuh yang buruk juga dapat memengaruhi kesehatan tulang belakang.

 

Resiko paling fatal dari cedera tulang belakang adalah terjadinya kelumpuhan anggota gerak. Cedera punggung juga dapat dialami wanita saat mengandung maupun mengurus anak. Hal tersebut dapat terjadi saat wanita sedang menggendong anak mereka, jika salah gerakan maka dapat memengaruhi kesehatan punggung.

 

Menambah massa otot akan membantu Anda dalam membentuk badan menjadi lebih baik dan membuat tulang belakang lebih baik. Punggung bawah yang kuat dapat membantu Anda untuk berdiri dengan tegak, membuat perut menjadi kencang dan mencegah cedera punggung. Sedangkan tulang punggung bagian atas yang kuat dapat memberi kemampuan untuk membuat bahu menjadi lebih tegap dan tidak membungkuk ke depan.

Anda akan terlihat dan merasa lebih percaya diri.

 

5.Otot membuat umur lebih panjang

Aneh, seperti mengada – ada. Tapi faktanya dilakukan penelitian yang mengemukakan tentang poin ini.

 

mitos berlatih beban wanita

 

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang memiliki massa otot lebih akan hidup lebih lama.

Manfaat lain dari semakin kuatnya tulang dan berotot sejak usia muda adalah Anda juga akan terhindar dari obesitas.

 

Baca juga :

Singkirkan kebiasaan ngemil yang buruk untuk membentuk tubuh Anda

Pilihan suplemen terbaik untuk wanita kurus

 

Para peneliti menganalisis data dari National health and Nutrition Examination Survey (NHANES) III yang dilakukan tahun 1988 sampai 1994. Mereka fokus pada kelompok yang terdiri dari 3.659 orang dan di dalamnya terdapat laki-laki berusia 55 tahun atau lebih dan wanita berusia 65 tahun atau lebih sebagai subjek.

 

Komposisi tubuh dari orang-orang yang diteliti diukur menggunakan bioelectrical impedance, dimana didalamnya melibatkan jalannya arus listrik melalui tubuh. Otot membuat aliran listrik lebih mudah melalui beberapa bagian tubh dibandingkan lemak yang disebabkan oleh karena kadar air dalam otot.

 

Dengan cara ini, para peneliti akan mampu menentukan indeks massa otot – rasio perbandingan otot dengan tinggi badan. Dari hasil ini mereka ingin melihat bagaimana indeks massa otot berhubungan dengan risiko kematian.

 

Pada akhir kesimpulan penelitian dikemukakan oleh Dr. Arun Karlamangla, ditemukan bahwa semakin besar tingkat otot Anda maka semakin rendah risiko kematian yang akan dialami seseorang. Sehingga jauh lebih dianjurkan jika Anda lebih mengutamakan rasio otot dengan tubuh daripada hanya berfokus pada timbangan terus.

 

Kesimpulan

Sebuah anjuran dan tips tidak mungkin dibentuk karena tidak ada tujuan. Menyadari pentingnya manfaat latihan beban terhadap kesehatan fisik hingga mental wanita maka kami berharap akan lebih banyak yang menjalani.

 

Takut menjalani hal baru memang hal wajar, namun akan lebih baik jika ketakutan tersebut lebih rendah dari ketakutan Anda akan manfaat yang terbuang sia – sia hanya karena takut tak berdasar.

 

Comments

comments

Leave a Reply