Kenali Tentang Beragam Tipe Tubuh Manusia

Tipe tubuh manusia yang berbeda menuntut perlakuan yang berbeda pula. Apakah tipe tubuh yang anda miliki dan bagaimana hubungannya dalam diet sehari – hari.

tipe tbbuh manusia

Anda pasti pernah bertanya mengapa tubuh Anda mudah sekali menggendut padahal makan tidak terlalu banyak.

 

Dalam konteks yang sama, Anda tentu juga pasti pernah bertanya mengapa dengan jumlah makan yang sangat banyak tubuh Anda tidak juga mampu untuk meningkatkan berat badan.

 

Pada artikel kali ini kami akan menjawab pertanyaan Anda.

 

Tubuh Anda adalah sebuah keunikan

 

Sering dibahas bahwa tidak ada diet yang programnya dapat diikuti setiap orang. Hal ini dikarenakan kebiasaan tiap orang sangat berbeda. Hal yang sama juga terjadi pada tipe tubuh masing – masing manusia.

 

Apakah Anda pernah melihat dua orang yang melakukan diet dan program latihan yang sama dan pada akhirnya keduanya mendapatkan outcome yang berbeda? Hal itu disebabkan oleh tipe tubuh dan genetik tiap orang yang berbeda-beda

 

Setiap orang akan memiliki respon yang berbeda untuk pola yang sama sekalipun.

 

Ini dikarenakan metabolisme menjadi hal yang mendasar bagi bentuk tubuh. Memahami tipe tubuh Anda dan mengetahui bagaimana cara ia bekerja merupakan hal yang penting sebelum menentukan jenis latihan dan pola diet yang terbaik.

 

Apa itu Ectomorph, Endomorph, dan Mesomorph?

 

Terdapat tiga tipe tubuh yaitu Ectomorph, Endomorph dan Mesomorph. Terdapat beberapa orang yang memiliki tipe tubuh yang campuran. Contohnya Anda bisa di tengah-tengah antara Ectomorph dan Mesomorph atau Endomorph dan Mesomorph.

 

Penentuan tipe tubuh menggunakan perhitungan berdasar antropometri atau pengukuran ukuran tubuh yang meliputi tinggi, berat badan, lingkar lengan atas, lingkar pinggang, ketebalan lemak pada lengan, paha, serta pengukuran – pengukuran lainnya.

 

Sehingga menjadi wajar ketika ada orang yang memiliki tipe tubuh meso-endo atau meso-ecto.

 

Apakah tipe tubuh manusia adalah hal yang dapat diubah?

 

tipe tbbuh manusia

 

Sebenarnya merubah tipe tubuh manusia adalah hal yang bisa diubah. Sebagai contoh Anda adalah seorang ectomorph namun ingin mengubah menjadi endomorph.

 

Namun sebenarnya satu hal yang perlu diketahui, kita tidak serta merta mengubah tipe bawaan tubuh Anda melainkan memanipulasinya.

 

Sebagai contoh adalah endomorph. Tipe endomorph adalah tipe yang sangat mudah gemuk dan memiliki metabolisme yang relatif lamban. Jika Anda adalah tipe yang “makan sedikit lalu gemuk” maka kemungkinan besar Anda adalah tipe endomorph.

 

Melakukan rutinitas dengan intensitas tinggi seperti contohnya berlatih beban mampu “memanipulasi” tipe endomorph.

 

Mengapa?

 

Seiring dengan peningkatan massa otot maka akan terjadi peningkatan metabolisme tubuh yang cukup signifikan. Hal ini mampu membantu tipe tubuh endomorph yang “terperangkap” dalam metabolisme lamban dan cenderung menyimpan lemak.

 

Tipe latihan berdasar tipe tubuh

 

1.Ectomorph

Ectomorph berarti kurus. Sehingga tujuan mereka melakukan fitnes bukan untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk menambah berat badan dan massa otot.

 

Hal yang masih sangat sering salah dipahami adalah pemahaman bahwa orang yang bertubuh kurus justru tidak dianjurkan untuk berlatih beban dan berolahraga apapun.

 

Prinsip utama peningkatan berat badan adalah SURPLUS KALORI. Sehingga olahraga dianggap sebagai pembuang kalori dan justru membuat tubuh kurus Anda tidak berubah. Namun faktanya justru berbeda.

 

Dengan tetap memastikan bahwa setiap hari Anda mendapat surplus asupan kalori, latihan beban membuat tubuh Anda berkembang menjadi lebih mudah.

  

Tipe ectomorph dapat mengkonsumsi karbohidrat dengan tingkat yang tinggi tanpa harus memperhatikan efek negatifnya. Tipe ectomorph memiliki kecepatan metabolisme dan toleransi karbohidrat yang juga tinggi.

 

Bagaimana cara memulainya?

 

Mulailah dengan perlahan

Kunci dalam latihan olahraga untuk tipe ini adalah dimulai secara perlahan. Mencoba untuk melakukan latihan dengan cara meningkatkan intensitas dan frekuensi cepat tidak akan berpengaruh pada tubuh, karena yang dirasa justru overtrained dan dapat menyebabkan frustrasi.

 

Buatlah sesederhana mungkin

Ketika Anda sedang memulai latihan maka buatlah jenis latihan yang sederhana. Program latihan yang rumit bukan berarti bagus untuk tubuh.

 

Menjaga olahraga dibawah satu jam

Olahraga dibawah satu jam dapat membantu tipe tubuh Ectomorph dengan cara yaitu mengurangi resiko overtraining.

 

Melakukan olahraga diatas satu jam dapat meningkatkan peluang untuk tubuh mengalami overtraining dan itu membutuhkan waktu untuk kembali seperti semula serta menambah stres di badan.

 

Lakukan latihan beban selama 30-45 menit secara lebih intensif. Selesaikan waktu latihan Anda dalam kurun waktu 30 menit untuk memastikan intensitas latihan Anda dan dapat membantu program muscular hypertrophy.

 

Konsistensi

Tetaplah pada jadwal latihan yang sudah dibuat. Mungkin ini adalah salah satu cara yang paling baik yang bisa dilakukan untuk menambah massa otot. Jika Anda tetap melakukan latihan secara tidak teratur maka tidak bisa melatih sistem pemulihan yang ada di dalam tubuh.

 

Tidak ada yang mampu mengalahkan konsistensi.

 

2.Endomorph

Endomorph merupakan kebalikan dari Ectomorph, tipe ini memiliki bentuk badan yang berisi dan terkadang overweight. Walaupun tingkat lemak di dalam tubuh cenderung tinggi, namun orang-orang dengan tipe tubuh ini memiliki massa otot yang lebih banyak dibandingkan dengan Ectomorph.

 

Hal ini sangat memungkinkan tipe tubuh ectomorph mengangkat beban yang lebih berat. Menjadi sangat wajar ketika pertama kali endo mulai berlatih beban maka beban yang diangkat akan sangat berbeda dengan ecto.

 

apa tipe tubuh anda?
Ini merupakan salah satu contoh tipe endo dengan perubahan penurunan body fat

 

Tujuan mereka melakukan fitnes adalah untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Seseorang yang memiliki bentuk badan seperti ini harus melakukan usaha yang lebih keras dibanding yang lain untuk menurunkan berat badan karena metabolisme di dalam tubuh yang cenderung lamban serta toleransi karbohidrat yang rendah. Hal ini artinya proses pengolahan karbohidrat dalam tubuh lebih sulit dari tipe ectomorph.

 

Beberapa cara latihan olahraga yang cocok untuk tipe badan ini:

 

Angkat beban dengan intensitas yang tinggi

Tipe tubuh Endomorph dapat memulai latihannya dengan olahraga angkat beban dengan intensitas yang tinggi. Bentuk tubuh Endomorph biasanya memiliki sejumlah massa otot yang tertutup oleh lemak dan tipe tubuh ini cocok untuk melakukan latihan angkat beban yang berat.

 

Perlu juga diingat bahwa walaupun Anda memiliki keuntungan untuk dapat melakukan latihan langsung dengan beban yang berat, namun tidak berarti Anda dapat melakukan latihan yang sangat berat di awal.

 

Pemahaman yang salah adalah ketika Anda mengira bahwa latihan beban justru membuat Anda bertambah gemuk, latihan ini justru membuat Anda semakin padat. Jika Anda bingung dengan program latihan beban yang harus dilakukan, mulai baca disini.

 

Mengurangi lemak dan mempertahankan otot 

Endomorph identik dengan jaringan lemak yang lebih tebal namun massa otot yang jauh lebih banyak. Menjadikan tipe ini menjadi lean adalah dengan menurunkan kadar lemak sambil mempertahankan massa otot sebanyak – banyaknya.

 

Untuk mengurangi lemak maka cara yang harus dilakukan adalah mempertahankan otot yang ada di dalam tubuh sebanyak mungkin. Hal ini memastikan metabolisme tubuh Anda tetap tinggi.

 

Salah satu caranya adalah HIIT atau dapat disebut dengan high intensity interval training yang merupakan cara terbaik untuk mempertahankan otot sebanyak mungkin dan meningkatkan intensitas latihan anda.

 

Latihan HIIT biasanya dilakukan dengan waktu yang sebentar dengan intensitas yang tinggi, sekitar 15-20 menit maksimal, maka sedikit otot yang akan terbakar. Dengan intensitas yang tinggi dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan latihan yang lebih lama yatu 30-60 menit.

 

Masih berpikir untuk menjalankan kardio berjam – jam di mesin treadmill?

 

3.Mesomorph

Mesomorph dapat dikatakan sebuah “gift body”. Tipe ini dikatakan tipe tubuh atlet dan sangat jarang ditemukan seorang yang memiliki bakat mesomorph.

 

Bentuk tubuh ini juga dikatakan sebagai tipe yang terbaik dibandingkan dengan kedua sebelumnya. Dengan massa otot yang cukup dan jaringan lemak yang cukup rendah dapat mendukung kemampuan atletik seorang mesomorph.

 

Tipe ini tidak mengalami kesulitan dalam membakar lemak dan dapat menambah massa otot dengan mudah. Badan dengan tipe ini memiliki metabolisme yang cepat dan toleransi tubuh akan karbohidrat bersifat sedang. Daripada melakukan olahraga cardio setiap hari, bentuk badan mesomorphs hanya membutuhkan latihan tersebut beberapa kali dalam seminggu untuk menjaga staminanya.

 

Beberapa cara latihan olahraga yang cocok untuk tipe badan ini:

 

Intensitas yang tinggi

Tipe meso sangat fleksibel. Mereka dapat memilih untuk mencapai goal yang diinginkan, apakah itu menurunkan kadar lemak serendah – rendahnya, atau menambah berat badan lebih banyak. Namun apapun yang Anda pilih, intensitas tinggi adalah kewajiban dan bukan pilihan. Jangan sia – siakan bakat atletik Anda.

 

Variasikan jenis latihan beban Anda

Beberapa teknik seperti drop sets, rest pause training, eccentrics, forced reps, burns, negatives, supersets, dan lainnya itu penting. Beberapa orang biasanya latihan dengan menggunakan satu atau dua teknik tersebut. Teknik-teknik tersebut sangat direkomendasikan untuk mencapai intensitas yang tinggi dan untuk menambah massa otot.

 

Memperhatikan varian latihan

Mengganti latihan secara berkala merupakan hal yang penting, karena dapat membuat tubuh untuk senantiasa beradaptasi. Jika tubuh Anda telah beradaptasi dengan baik pada intensitas tertentu maka kerja tubuh tidak semaksimal pada awal latihan.

 

Varian tidak hanya jenis latihan seperti dipaparkan diatas. Menambah jumlah varian gerakan pada 1 tipe otot juga sudah memberi varian bagi latihan Anda.

 

Kecepatan dalam melakukan pengulangan dapat membantu merubah kerja tubuh saat latihan sehingga tubuh akan merasa tertantang dan tubuh semakin berkembang.

 

Kesimpulan

 

Tipe tubuh memiliki karakteristik masing – masing. Sekalipun dikatakan selama ini bahwa mesomorph adalah tipe tubuh yang terbaik namun sudah dibahas diatas bahwa tipe tubuh pun dapat dimanipulasi. Hal ini akan sangat bergantung pada usaha yang Anda lakukan baik itu latihan dan pola makan.

Comments

comments

Leave a Reply