Bagaimana Membuat Motivasi Terbaik Saat Memulai Program Diet Anda?

Bagaimana anda mampu membangun motivasi untuk jangka panjang hidup anda?

motivasi diet anda

Untuk memulai sebuah diet yang sukses terkadang bukan dibutuhkan cara yang tepat, pola makan yang sesuai, serta latihan rahasia untuk membakar lemak di tubuh, melainkan sebuah motivasi.

Jika Anda yang sedang membaca ini sudah memiliki motivasi yang menggebu – gebu dan ingin memulai diet fatloss tapi tidak tahu caranya,

Baca panduan fatloss yang kami berikan.

Panduan ini berbentuk tahapan dari tahap awal hingga expert.

.

Seperti biasa kami akan memberikan tips yang bukan diberikan secara terpisah – pisah namun berupa tahapan yang dapat Anda lakukan.

.

Tahukah bahwa diet yang gagal ditengah jalan adalah dikarenakan motivasinya yang rendah atau hilang ditengah jalan.

Mari kita mulai…

 

1.Visualisasikan diri Anda saat telah mencapai berat yang Anda inginkan.

 

Tentu Anda pernah mendengar saran seperti ini, supaya seakan – akan tubuh yang Anda inginkan itu sudah Anda terima.

Betul…

Ini adalah ide yang luar biasa …. Tapi apakah itu bermanfaat untuk Anda ?

.

Untuk mengetahui kebenaran hal ini, Gabriele Oettingen dan Thomas Waden dari University of Pennsylvania mengambil sekelompok wanita gemuk untuk turut ambil bagian dalam program penurunan berat badan.

Selama program ini lantas apa yang subjek harus lakukan?

Berfantasi…. wow !

Fantasi yang harus mereka lakukan ternyata sudah diatur dan ada 4 fantasi yang harus dilakukan. Dua tentang diri mereka sendiri saat berhasil menurunkan berat badan (grup A) dan dua fantasi lain adalah saat membayangkan bahwa makanan kegemaran mereka justru merusak program diet (grup B). Apa hasil dari penelitian ini?

Ternyata apa yang selama ini dipikirkan orang ….

SALAH !!

Ketika Anda berpikir bahwa grup A yang akan lebih baik jawaban Anda ternyata kurang tepat. Grup B mampu menurunkan berat badan dengan selisih mencapai 12 kilogram !

.

Mengapa demikian ?

Para peneliti memberi kesimpulan bahwa terlalu positif dan terlalu percaya diri justru membuat kita tidak memberikan 100% usaha.

Sehingga,

Ketika kendala itu datang Anda tidak siap dengan segala sesuatunya. Berbeda dengan mereka yang memikirkan kondisi terburuk, sehingga ia sudah siap dengan berbagai macam persiapannya.

 

Membayangkan diri ideal justru melemahkan motivasi Anda untuk menurunkan berat badan.

.

Bagi yang terburu – buru membaca sub-judul pasti langsung beranggapan bahwa salah satu cara untuk mendapat tubuh ideal adalah seperti yang kami sebutkan diatas. Padahal berbeda.

.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk memvisualisasikan dalam rangka menurunkan berat badan ?

Untuk mengetes hasil dari penelitian yang ia lakukan, dia mengembangkan studi memanfaatkan prosedur yang bernama doublethink – nama teknik pengendalian pikiran George Orwell pertama diciptakan dalam novelnya Nineteen Eighty-Four.

 

Dia meminta peserta penelitian untuk menghabiskan beberapa saat berfantasi tentang mendapatkan tujuan mereka, dan dua manfaat apa yang akan datang dari tercapainya tujuan itu.

Setelah itu, ia kemudian meminta mereka untuk berfantasi tentang dua kendala terbesar yang mungkin terletak didalam proses perjalanan mereka mencapainya.

.

George meminta tolong kepada mereka untuk berfantasi akan 2 hal yaitu impian serta hal apa yang akan mereka lakukan jika menemui kendala dalam mencapai impian tersebut.

.

Kalimat ini akan menjadi contoh doublethink untuk menurunkan berat badan: “gue bakal keren banget kalau pakai baju ini. Kira – kira butuh turun 15 kilogram supaya bisa muat. Nah kalau ada yang nawarin pizza gue ga bakal kalap buat makan “

.

Sudah tahu caranya, sehingga sekarang jangan asal berfantasi lagi, ya ?

.

2.Temukan role model Anda !

 

Beberapa tahun yang lalu psikolog Inggris terkenal Richard Wiseman melakukan percobaan skala besar pada efek psikologi terhadap keberhasilan penurunan berat badan.

Richard menggunakan 5000 peserta untuk ikut serta dalam penelitiannya tentang orang yang ingin menurunkan berat badan, berhenti merokok seperti kebiasaan – kebiasaan buruk lainnya.

Pada akhir penelitian, hanya 10% dari 5.000 peserta yang berhasil mencapai tujuan akhirnya.

.

Lalu, Wiseman merangkum penelitian dalam bukunya ’59 Seconds ‘ yaitu bahwa :

 

“… Orang-orang yang mengadopsi model peran selebriti, mungkin menempatkan gambar role model yang mereka inginkan pada pintu kulkas mereka, justru cenderung gagal dalam mencapai tubuh yang mereka inginkan …”

Kok bisa..?

.

Untuk memastikan ini pada tahun 2002 para peneliti kemudian membuat sebuah penelitian kembali yang berjudul “motivation by by positive or negative role model” . Subjek dipisah menjadi kelompok preventional dan kelompok promotional.

Tujuannya ?..

Para peneliti ingin mencari tahu sebenarnya mana yang akan mempengaruhi kita, apakah motivasi dalam bentuk kesuksesan atau kegagalan?

.

Dalam penelitian ini tidak ditarik sebuah hasil, ini merupakan sebuah cara untuk mengetahui apakah Anda tipe yang ditakuti oleh kegagalan atau dimotivasi oleh bentuk kesuksesan.

.

Pada kelompok preventional ketika ia gagal mencapai tujuan yang diinginkan maka besar kemungkinan ia merupakan tipe yang membutuhkan contoh kesuksesan untuk mencapai apa yang dicita – citakan. Begitu pula sebaliknya.

Mengetahui hal ini, maka Anda termasuk tipe yang mana?

.

3.Bagaimana menetapkan tujuan penurunan berat badan Anda

 

Pada penjelasan diatas tentang sebuah penelitian yang dilakukan oleh Richard Wiseman ternyata ada hasil yang sangat mengejutkan !

Sekalipun partisipan mengalami penurunan berat badan, ternyata hasil yang dicapai sangat berbeda – beda.

Setelah ditelusuri rupanya mereka yang jauh lebih sukses memiliki goal yang lebih spesifik…

.

Goal sangat penting. Namun goal yang tidak spesifik akan membuat Anda bingung dan tidak terarah.

Pada mereka yang berhasil dikatakan bahwa mereka membuat goal yang lebih realistis dan sangat mudah di awal menjalani diet. Contohnya?

Misal, mereka yang setiap hari terbiasa makan makanan yang digoreng dalam jumlah banyak memiliki target untuk mengurangi jumlahnya hingga setengah saja pada minggu depan.

Lalu, mereka memasang target untuk mulai berkomitmen olahraga selama paling tidak 30 menit setiap harinya mulai besok..

.

Tips bagi Anda jika ingin memulai sebuah goal, coba katakan ini pada diri sendiri :

“saya akan mulai berolahraga paling tidak 3x seminggu selama 30 menit. Mengurangi makanan yang rendah nutrisi tapi terlalu tinggi kalori seperti kue. Beristirahat cukup. Supaya saya dapat menurunkan 0.5 – 1 kg secara berkelanjutan setiap minggu”

 

Apa yang Anda dapat?

Goal yang sangat realistis dan langkah demi langkah untuk mendapatkan goal tersebut.

Mengapa ini penting?

Bagi pemula yang benar – benar pemula, mengetahui goal yang diinginkan merupakan suatu hal yang penting. Namun, mengetahui cara untuk mencapai goal itu dengan tindakan paling sederhana jauh lebih penting.

.

4.Cheat day cukup 1 hari, jangan berhari – hari.

 

Reward memang suatu hal yang ditunggu – tunggu. Reward tidak hanya makan pada jenis tertentu namun juga kuantitas tertentu.

Pada mereka yang membatasi kalori harian tentu ingin makan dalam jumlah porsi lebih banyak, kan?

Tidak masalah lho, asal tahu bahwa surplus kalori itu bukan berarti boleh dilakukan setiap hari. Yang ujung – ujungnya, merusak program Anda.

 

Baca : hitung kalori Anda sendiri

 

Bagi Anda yang menjalani diet clean eating pun makan nasi goreng langganan depan komplek pun sudah menanti – nanti.

Hal yang sangat wajar, asal…

Gak tiap hari juga ya !

.

Perlakukan dir Anda lebih baik dari sekadar makanan yang Anda makan. Bayangkan berapa kerugian yang akan didapatkan dari sekian lama proses berjalan namun dirusak dengan hal – hal yang sepele.

Be wise !!

 

6.Pilih sebuah diet yang menjadi diet milik Anda sendiri

 

Yap !!

Anda tidak salah baca. Manusia unik, sangat unik.

Sehingga sekalipun Anda memahami sebuah diet yang terbukti sangat sukses pada 1 orang, sangat jarang akan membuahkan hal yang sama pada tubuh Anda.

Bisa jadi Anda menghasilkan lebih baik atau malah jauh lebih buruk.

Sebagai contoh diet tinggi protein (baca artikelnya disini ) bagi sebagian orang tentu sangat membuahkan hasil yang luar biasa.

Namun pada sebagian orang?

Belum tentu… ada yang karena tidak suka makan daging terlalu banyak atau karena budget diet tinggi protein tentu akan jauh lebih tinggi dari diet lainnya.

.

Beberapa orang memilih untuk tidak menggunakan berbagai macam bumbu pada makanannya. Sehingga memilih untuk clean eating dalam menjalani dietnya.

Mau coba clean eating diet ? Kami sudah membahasnya di artikel yang mendefinisikan kembali apa itu clean eating.

.

Refrensi

  1. Oettingen G, Pak H, Schnetter K. Self-regulation of goal setting: turning free fantasies about the future into binding goals. J Pers Soc Psychol. 2001 May;80(5):736-53. PubMed PMID: 11374746.
  2. Cornelia Pechmann, Li Pan, Kevin Delucchi, Cynthia M Lakon, Judith J Prochaska. Development of a Twitter-Based Intervention for Smoking Cessation that Encourages High-Quality Social Media Interactions via Automessages. Journal of Medical Internet Research, 2015; 17 (2): e50 DOI:2196/jmir.3772

Comments

comments

Leave a Reply