Ini yang Harus Anda Pahami Seputar Whey Protein Sebelum Mengkonsumsinya.

Hal – hal yang harus anda pahami sebelum membeli whey protein

Kriteria whey protein

 

Whey dan whey. Rata-rata itulah yang dikatakan partner gym Anda atau instruktur Anda. Ngomong-ngomong memangnya apa itu whey? Apa saja jenisnya? Kenapa tidak mengetahui dulu jenisnya sebelum memutuskan untuk menggunakannya?

 

Whey protein berasal dari produk susu sapi. Yup susu, tanpa tambahan aneh-aneh lainnya. Lebih tepatnya, whey protein adalah bentuk pengolahan yang berasal dari susu untuk diambil kandungan proteinnya dan disaring melalui proses-proses panjang. Bentuk pengolahan ini berbentuk cair, yang kemudian akan dipasteurisasi dan dikeringkan sehingga menghasilkan bentuk bubuk. Terdapat beberapa proses pengolahan, yang mungkin anda kenal ada 2 yaitu microfiltartion dan ion exchange.

 

Baca juga : Kapan waktu terbaik mengonsumsi whey protein ?

 

Microfiltration

Metode pengolahan whey protein ini memakai filter khusus yang mampu menyaring protein dengan ketat bernama micro-filter atau ultra filter. Dinamakan demikian karena lubang / pori-pori filternya sangat kecil dalam ukuran mikroskopis. Metode ini dilakukan untuk menghilangkan bahan-bahan lain selain protein. Metode yang mahal, tapi mampu menghasilkan whey protein yang sempurna. Itu mengapa whey protein memiliki harga yang cukup tinggi karena sesuai dengan value yang dimilikinya sekalipun saya dan anda pasti berharap itu bisa lebih murah dari tahun ke tahun.

 

Whey protein merupakan hasil dari berbagai pengolahan susu sapi. via nutrifoodingredients.com
Whey protein merupakan hasil dari berbagai pengolahan susu sapi. via nutrifoodingredients.com

 

Ion exchange

Apa bedanya? Sama. Sama-sama untuk mendapatkan whey protein dengan kualitas tertinggi. Metode ini dikatakan lebih murah daripada microfiltration, tapi protein yang dihasilkan akan sedikit mengalami kerusakan. Beberapa kerusakannya terjadi pada molekul immunoglobulin dan glycomacropeptides. Padahal kedua molekul ini yang bertanggung jawab untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Walaupun demikian, metode ini tetap menghaislkan whey protein yang baik untuk tubuh anda karena tidak merusak unsur protein itu sendiri.

 

Secara umum whey protein dibagi menjadi 3 macam tipe :

  • Concentrate (WPC)

Ini merupakan tipe whey protein yang memiliki kualitas terendah. Whey Protein Concentrate tersedia dalam berbagai tingkatan konsentrasi protein. Pada generasi pertama, konsentrasi proteinnya mencapai 34% yang, disebut sebagai WPC34. Selain protein, mereka juga mengandung laktosa sekalipun tidak setinggi saat masih dalam bentuk susu, lemak dan yang lainnya. Saat ini, konsentrasi proteinnya telah ditingkatkan mencapai 80% dengan mengurangi laktosa dan lemak.

 

Kelemahan dari jenis ini adalah kurangnya protein yang terkandung, serta masih adanya kandungan laktosa didalamnya sehingga whey protein jenis ini cukup sensitive dampaknya terhadap mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Keunggulannya adalah harga whey protein ini tergolong cukup murah. Namun jarang pabrikan suplemen yang mau menggunakan jenis ini untuk pasaran karena ketidakmampuan tubuh manusia dalam mencerna laktosa.

 

Baca juga : Fungsi medis whey protein

 

  • Isolate (WPI)

Whey Protein Isolate mengandung 90-96% protein. Jumlah yang lebih tinggi daripada tipe WPC. Selain itu, WPI memiliki laktosa yang sangat sedikit dan hampir tidak memiliki lemak. Pembuatannya cukup rumit, karena harus mempertahankan kondisi ‘natural undenatured’ yaitu dengan memprosesnya pada suhu rendah atau dalam kondisi asam rendah. Hasilnya, whey protein ini bahkan dapat digunakan sebagai perangsang anti-kanker dan kekebalan pada imunitas tubuh.

Tentunya, tipe ini jauh lebih baik daripada konsentrat.

 

  • Hydrolyzed (WPH)

Whey protein ini adalah jenis tertinggi dari segala Whey Protein yang selama ini diciptakan. Tipe ini jauh lebih mudah diserap oleh tubuh karena mereka telah dicerna secara sistematik sebelumnya. Mengingat kualitasnya yang jauh diatas jenis lain, harganya pun lebih mahal dibandingkan dengan dua whey sebelumnya. Selain itu rasa whey jenis ini kurang begitu enak sekalipun sudah banyak pabrikan sport supplement yang menyempurnakan rasanya. Sangat disarankan untuk konsumsi whey protein tipe ini jika anda alergi dengan tipe-tipe whey protein lainnya atau sedang persiapan untuk kontes atau anda adalah atlet yang butuh persiapan khusus.

 

Baca juga : Alasan mengapa wanita tidak seharusnya takut menggunakan whey protein

 

Berikut ini, adalah tabel perbandingan antara ketiga tipe tadi.

Tipe% Protein% Laktosa% LemakDeskripsi tambahan
WPC25-894-521-9Bentuk yang paling sering ditemukan
WPI90-950,5-10,5-1Protein yang dikatakan terbaik, karena prosentasenya yang paling tinggi.
WPH80-900,5-100,5-8Rasanya pahit, tapi paling cepat diserap oleh tubuh.

 

 

Referensi:

  1. Gangurde HH, Chordiya MA, Patil PS, Baste NS. Whey protein. Scho Res J 2011;1:69-77
  2. http://www.medicalnewstoday.com/articles/263371.php
  3. http://muscle-insider.com/features/what-whey-protein-and-how-it-made
  4. http://www.bodybuilding.com/fun/willbrink3.htm

 

Judul Cover : Jenis-jenis whey protein yang harus anda tahu

Gambar cover : Foto2 whey protein keyword : optimum hydrowhey, Optimum gold standard, VP2

Tags : whey protein isolate, whey protein concentrate, whey protein murah, jual whey protein, whey protein terbaik, whey protein tinggi kualitas, whey protein terlengkap, manfaat whey protein, susu whey protein, prostar whey protein, ultimate whey protein, harga whey protein

Comments

comments

Leave a Reply