Fakta Tentang Metabolisme Tubuh Yang Tidak Anda Pahami

Metabolisme merupakan kunci dan prinsip dalam menurunkan maupun meningkatkan berat badan. Tingkatkan metabolisme agar tubuh selalu membakar lemak.

 

Kapan tubuh membakar kalori?

 

Pertanyaan ini sering muncul di berbagai lini sosial media kami.

 

Perlu anda ketahui bahwa tubuh membakar kalori setiap saat, kapanpun sejauh anda masih bernafas. Mengapa? Ini karena peran metabolisme pada tubuh.

 

Hampir seluruh aktifitas tubuh merupakan aktifitas metabolisme, yaitu sebuah proses dimana tubuh menerima makanan, menyerap, menjadikannya energi, lalu membuang sisanya. Inilah definisi sederhana dan rangkaian singkat proses metabolisme tubuh.

 

Hal ini pulalah yang membuat tipe tubuh seseorang dipisah berdasar tingkat metabolismenya. Yaitu seorang ectomorph dengan metabolisme yang luar biasa cepat dan endomorph dengan metabolismenya yang tergolong lambat.

 

fungsi metabolisme bagi tubuh
Tubuh senantiasa membakar kalori, tidak hanya ketika anda berolahraga.

 

Di artikel ini kami ingin membahas mengenai betapa pentingnya memaksimalkan sebuah kerja metabolisme tubuh.

 

Mengapa informasi ini penting bagi Anda?

 

Menyadari masih banyaknya praktik diet tidak sehat yang justru mengarah pada penurunan kerja metabolisme tubuh dan fungsi lainnya. Serta kami menyadari betapa pentingnya menurunkan berat badan serta mengurangi kadar lemak dengan meningkatkan metabolisme. Bahkan dengan memahami fungsi penting ini, sebuah diet sehat dan cepat bukan tidak mungkin anda dapatkan.

 

Apa yang dimaksud dengan metabolisme ?

 

Metabolisme merupakan sebuah proses dimana tubuh anda mengkonversikan segala hal yang dimakan menjadi energi. Tujuannya adalah supaya tubuh dapat menjalankan fungsinya. Bahkan saat tubuh anda beristirahat ia tetap membutuhkan energi yang digunakan untuk bernafas dan memperbaiki sel – sel tubuh. 

 

Metabolisme pada umumnya memiliki 2 lintasan yaitu katabolisme dan anabolisme (Wikipedia).

 

Dari pengertian ini saja sudah dapat anda pahami bahwa prinsip diet fatloss pada umumnya adalah dengan memaksimalkan metabolisme dan bukan dengan menurunkan tingkat metabolisme.

 

Penurunan tingkat metabolisme hanya salah satu dampak negatif dari diet yang salah, masih banyak dampak lainnya lagi.

 

Jumlah kalori yang tubuh anda butuhkan untuk melangsungkan proses ini disebut dengan Basal Metabolic Rate (BMR). Setiap orang memiliki BMR yang berbeda – beda, banyak faktor yang menentukan. Namun BMR ini harus anda penuhi setiap hari agar tubuh dapat menjalankan fungsinya.

 

Baca juga : Hitung kebutuhan kalori harian Anda.

 

Ada 5 Faktor yang sangat mempengaruhi tingkat BMR anda :

 

1.Ukuran Tubuh dan Komposisinya

 

Mereka yang memiliki tubuh lebih besar dan memiliki lebih banyak jaringan otot membakar kalori lebih banyak bahkan saat beristirahat.

 

2.Jenis Kelamin

 

fungsi metabolisme bagi tubuh
Jenis kelamin punya peranan dalam menentukan berapa besar metabolisme anda. Ini mengapa pria dan wanita memiliki porsi makan yang berbeda.

 

Pada umumnya pria membakar lemak lebih banyak karena pria jauh lebih mudah membangun massa otot dengan kehadiran testosterone dibanding pada wanita. Sehingga ketika wanita berlatih beban pun ia tidak perlu takut badan akan besar. Baca juga : mengapa wanita sebaiknya mulai dan tidak takut berlatih beban.

 

3.Usia

 

Ketika anda beranjak tua jumlah massa otot yang anda miliki semakin berkurang dan jumlah lemak yang dapat dibakar setiap harinya pun semakin berkurang drastis. Menurunkan jumlah kalori yang dibakar setiap hari.

 

Sehingga bagi anda yang masih berusia 20-35, ini merupakan usia yang tepat jika anda ingin memulai kebiasaan hidup sehat.

 

4. Thermogenesis

 

Mencerna, menyerap, mendistribusikan, dan menyimpan makanan yang anda konsumsi ternyata membutuhkan kalori.

 

Maka jika makan dikatakan menimbun kalori oleh sebuah iklan nasional itu tidak sepenuhnya benar. Kita hanya akan menimbun jika yang anda makan berlebih. Namun jika cukup maka semua akan habis terpakai.

 

Apalagi jika anda memiliki aktifitas fisik dan jumlah massa otot yang semakin besar maka ia membakar kalori lebih banyak lagi.

 

5. Aktifitas Fisik

 

Tujuan dari aktifitas fisik adalah meningkatkan metabolisme menjadi lebih tinggi
Tujuan dari aktifitas fisik adalah meningkatkan metabolisme menjadi lebih tinggi

 

Aktifitas fisik dan latihan seperti berlatih beban, jogging, bersepeda, serta aktifitas lainnya membutuhkan kalori yang jauh lebih besar setiap harinya.

 

Namun jika anda serius untuk meningkatkan tingkat metabolisme maka saya lebih menyarankan untuk mulai berlatih beban, karena selain terjadi peningkatan jumlah massa otot dan meningkatkan metabolisme akan terjadi juga efek afterburn yang luar biasa.

 

Apa itu afterburn? Kondisi dimana tubuh tetap aktif membakar kalori lebih banyak bahkan saat anda beristirahat pasca berlatih. Hal ini dikarenakan latihan anaerobik membutuhkan energi yang sangat besar.

 

Metabolisme Dan Berat Badan

 

Ini akan menjadi bahasan yang paling ditunggu. Lantas mengapa yang terjadi pada diri saya adalah terus menerus menambah berat badan?

 

Ini suatu hal yang kompleks dimana bertambah atau menurunnya berat badan tidak hanya dipengaruhi oleh sebuah metabolisme. Sekalipun ujung – ujungnya semua mengarah untuk memaksimalkan metabolisme.

 

Program diet tergantung dari banyak faktor, pemilihan pola diet yang anda inginkan, jenis makanan yang anda konsumsi, jenis latihan yang anda pilih, hormon yang anda miliki, kualitas istirahat, bahkan sampai ke tingkat stress karena stress memiliki peranan dalam program diet anda.

 

Semua faktor – faktor ini saling terlibat satu sama lain. Sebagai contoh anda sudah merasa bahwa latihan yang anda lakukan sangat intensif dan program diet sangat ketat, namun berjalan 3 bulan hasil tidak terlalu nampak. Mengapa? Banyak faktor yang terlibat didalamnya. Bisa jadi karena faktor stress yang terlalu tinggi atau kualitas istirahat yang rendah. Atau juga tidak tercukupinya varian nutrisi harian.

 

Atau “faktor tersembunyi” lain yang tidak anda ketahui seperti sebagai contoh, anda memilih sebuah program pola diet. Katakanlah yang anda pilih adalah Paleo Diet, sebuah pola diet dimana anda hanya mengutamakan daging dan sayur serta menghilangkan nutrisi dari karbohidrat, biji – bijian serta produk olahan susu didalamnya.

 

                Baca juga : Beragam jenis pola diet yang dapat Anda terapkan

 

Karena kebiasaan orang Indonesia yang makan makanan berupa karbohidrat seperti nasi maka ketika anda hanya mengkonsumsi daging dan sayuran maka anda tidak juga merasa cukup kenyang.

 

Pada akhirnya anda makan lebih banyak yang berarti kalori yang lebih besar dari yang dibutuhkan. Padahal rumus penting diet fat loss adalah Kalori Masuk < Kalori Keluar. Hal inilah menjadi penyebab gagal diet yang tidak anda sadari.  

 

Suatu hal yang wajar anda menginginkan diet sehat dan cepat, namun cara cepat adalah hal yang harus anda perhatikan untuk tidak asal cepat dan mengorbankan kesehatan.

 

Comments

comments

Leave a Reply