Memahami Lebih Jauh Dan Lebih Lengkap Tentang Suplemen Fitness

Pengetahuan dasar yang harus anda ketahui seputar suplemen fitnes

definisi dan manfaat suplemen fitness

Dalam hidup sehari – hari tentu anda pernah mendengar istilah suplemen. Baik itu suplemen fitnes, suplemen vitamin, suplemen mineral, suplemen herbal dsb.

Namun pada faktanya di Indonesia sendiri informasi seputar suplemen masih sangat tidak jelas. Terutama hal yang membedakan antara suplemen dan obat – obatan berbahaya hingga legalitasnya. Banyak obat – obat diet yang mengklaim bahwa ia hanya sebuah suplemen padahal mengandung berbagai macam kandungan berbahaya.

Pelabelan sebuah obat menjadi suplemen ini ditujukan agar pengguna sendiri tidak merasa was – was dengan penggunaan obat diet yang memang dapat merugikan kesehatan.

Sebelumnya kami pernah membahas tentang kriteria obat maupun suplemen yang berbahaya untuk dikonsumsi.

Apa yang akan Anda temukan dari artikel kali ini?

Kami akan membahas tentang kriteria sebuah suplemen yang aman dikonsumsi.

Siapa yang benar – benar membutuhkan suplemen.

Serta manfaat essensial dari sebuah suplemen fitnes.

 

Mengapa hal ini penting? Mengorbankan kesehatan hanya semata memiliki tubuh yang kurus adalah hal yang tidak masuk akal. Kami ingin mengajak anda membuka mata bagaimana mengutamakan kesehatan ketika sedang menjalani program diet apapun. Badan bagus itu bonusnya.

 

Apa itu “Dietary Supplement”?

Lebih jauh kami akan menyebutnya sebagai suplemen makanan. Apa saja kriteria sebuah suplemen dikatakan suplemen makanan?

  • Mengandung bahan – bahan dari makanan yang anda konsumsi sehari – hari
  • Mengandung satu atau lebih komposisi makanan seperti vitamin, mineral, asam amino (termasuk didalamnya whey protein, bcaa, creatine).
  • Memiliki sediaan berupa pill, capsule, cairan, atau bubuk.
  • Memiliki label “Suplemen makanan” atau “Dietary Supplement”

 

Pada suplemen juga dipisah lagi menjadi 2 macam kriteria yaitu Vitamin & Mineral dan Herbal.

  1. Vitamin & Mineral

Suplemen – suplemen yang mengandung vitamin, mineral, asam amino merupakan suplemen makanan yang mengandung mikronutrien. Golongan ini termasuk didalamnya suplemen fitnes. Mikronutrien sendiri berfungsi untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik.

 

Karena tanpa disadari dengan gaya hidup yang buruk, pola makan tidak teratur, diet yang buruk, serta olahraga yang tidak rutin sebuah regulasi tubuh dapat terganggu.

 

Baca juga : Dampak dari diet yang salah bagi kesehatan

 

Sulit menyerap nutrisi yang masuk merupakan salah satu gangguan regulasi tubuh yang kurang mendapat perhatian. Itu mengapa kita membutuhkan sumber micronutrient lain.

 

Keuntungan bagi konsumen :

 

Suplemen vitamin dan mineral merupakan mikronutrisi yang memiliki tujuan spesifik dan memberi keuntungan bagi tubuh.

 

Sebagai contoh, vitamin A membantu kerja sistem penglihatan dan turut andil dalam perkembangan tulang.

 

Penggunaan fat burner sebagai suplemen yang bersifat stimulant memicu tubuh untuk meningkatkan tingkat metabolismenya. Penggunaan suplemen ini dapat digunakan bagi tipe tubuh endomorph yang memiliki kecenderungan tubuh berlemak dan metabolisme lamban.

 

Penggunaan whey protein, bcaa, maupun creatine yang digunakan untuk mendukung program diet fat loss maupun gain mass seseorang dengan membantu masa pemulihan jaringan otot dan sel tubuh.

 

Penggunaan suplemen kelas vitamin diharapkan anda juga tetap mengkonsumsi buah dan sayur – sayuran. Namun memang penggunaan suplemen ini membantu untuk memenuhi defisiensi vitamin dan mineral dari diet.

 

 

  1. Herbal

Secara fungsi suplemen juga memiliki kriteria lain yaitu suplemen herbal. Suplemen herbal ini merupakan suplemen makanan yang memiliki tujuan pengobatan.

 

Suplemen herbal pada umumnya mendukung organ tertentu yang bertujuan pada kesehatan tubuh seperti hati, tulang, maupun kulit.

 

Fakta penggunaan suplemen herbal di dunia ternyata cukup mencengangkan, hampir 80% penduduk dunia memilih suplemen herbal dari obat – obatan medis lainnya.

 

Hal ini dikarenakan suplemen herbal tetap ditujukan sebagai terapi medis.

 

Namun hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan suplemen herbal tetap mampu memiliki efek samping. Mengapa? Karena bahan – bahan yang diambil juga berasal dari ekstrak tanaman yang belum diketahui substansi – substansi kimia didalamnya.

 

Siapa yang membutuhkan suplemen?

 

Pada umumnya baik anak – anak maupun orang dewasa dapat merasakan manfaat yang sama dengan penggunaan vitamin setiap harinya.

 

Penggunaan suplemen yang bersifat sebagai penambah kelengkapan gizi harian sangat membantu pemenuhan kebutuhan mikronutrisi.

 

Jangan meremehkan pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh. Makan tidak hanya masalah pemenuhan nafsu lapar dan menjadi kenyang. Makan merupakan proses tubuh dimana ia menyerap nutrisi yang dibutuhkan.

 

Ibarat sebuah sistem kerja, maka ada syarat – syarat yang harus dipenuhi agar sistem tubuh berjalan sebagaimana mestinya. Syarat – syarat itu adalah nutrisi – nutrisi dari makanan baik makronutrient dan mikronutrient.

 

Ada beberapa golongan orang yang membutuhkan suplemen :

  • Wanita hamil dan menyusui
  • Anak – anak maupun remaja dengan gangguan pola makan
  • Pria maupun wanita usia lanjut
  • Vegetarians maupun vegan
  • Orang yang sedang berdiet, atau menghindari kelompok makanan tertentu.
  • Athlete atau anda yang aktif berolahraga
  • Orang yang terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan berlemak

 

Semenjak suplemen fitnes tergolong didalam sebuah suplemen vitamin & mineral maka syarat sebuah suplemen dikatakan baik sudah kami paparkan diatas.

Suplemen fitnes juga memiliki tujuan yang sama yaitu pemenuhan kebutuhan nutrisi dan membantu masa pemulihan tubuh serta meningkatkan kualitas latihan.

Jangan disangka bahwa kebutuhan seorang yang tidak berlatih dan berlatih akan sama saja dari segi nutrisi.

Bagi anda yang rutin berolahraga, pemulihan yang cepat juga merupakan kebutuhan mutlak. Dapat dibayangkan jika olahraga yang tujuannya ingin membangun stamina tubuh justru menghambat aktifitas sehari – hari.

Kebutuhan lain dari olahraga baik itu aerobik maupun anaerobik adalah hasil dari program yang anda jalankan. Tipe ectomorph jelas membutuhkan kalori lebih dan nutrisi lebih untuk meningkatkan berat badannya. Seorang endomorph membutuhkan stimulant untuk meningkatkan kemampuan metabolismenya.

Sekali lagi, tetaplah bijak dalam memilih suplemen bagi kesehatan. Bukan hanya tergiur dengan obat – obatan berbahaya yang melabeli dirinya sebagai suplemen.

 

Comments

comments

Leave a Reply