Esensi Dari Sebuah Transformasi Yang Ingin Anda Lakukan

Tubuh anda terbentuk dari sebuah kebiasaan yang anda lakukan dalam keseharian. Merubah bentuk tubuh anda berarti merubah gaya hidup anda secara keseluruhan

cara membuat badan ideal

author fitnestips inez indriyani

 

 

 

Tubuh manusia itu luar biasa. Tidak ada yang menyangkal. Anda dapat melihat berbagai macam video atau mungkin kita temukan di kehidupan sehari – hari dimana mereka yang tidak bertubuh lengkap saja mungkin memiliki kemampuan diatas manusia yang diberi tubuh lengkap.

 

Dari saat kita dilahirkan hingga tumbuh dewasa adaptasi terhadap lingkungan sekitar sudah dimulai.

 

cara membuat badan ideal
via myownloyalty.co.za

 

You are what you eat

 

Itu kata orang.

 

Namun memang benar adanya, perubahan fisik tidak hanya melulu pada apa yang anda makan. Namun perubahan fisik merupakan cerminan dari kebiasaan apa yang anda lakukan setiap hari dalam jangka waktu yang panjang. Namun bagaimana cara membuat badan ideal?

 

Faktor seperti lingkungan sekitar, tradisi, kebiasaan, pendapat orang lain, sosial media, dan lain lain membuat dan mengarahkan anda pada sebuah bentuk tubuh.

 

Sebagai seorang coach seringkali saya menjumpai pertanyaan seperti ,” saya tadinya kurus dan sulit meningkatkan berat badan, lalu sekarang mengapa saya berperut buncit dan cenderung terlihat sebagai endomorph?” .

 

Seperti yang sudah anda pahami, ada perubahan fisik yang cukup signifikan disini.

 

Sebagai informasi, perubahan fisik seperti ini tidak terjadi dalam waktu singkat. Dengan bertambahnya usia, metabolisme kebanyakan orang cenderung menjadi lamban. Bila hal ini diperkuat dengan tidak disertai aktivitas yang mendukung peningkatan massa otot (seperti olahraga maupun berlatih beban) serta peningkatan konsumsi kalori yang meningkat, maka  penumpukan lemak akan lebih mudah terjadi.

 

Hukum sebab akibat sedang berlangsung disini, ketika anda mengalami surplus kalori setiap harinya.

 

Merubah fisik bukan hanya berupa modul yang harus anda lakukan, namun diharuskan adanya perubahan pada aspek hidup secara mendasar. Kita harus bersedia mengubah atau memodifikasi pandangan hidup dan kebiasaan kita.

 

Hal yang sangat lumrah bagi manusia untuk selalu takut akan adanya perubahan , jadi memang tidak jarang kita cenderung memilih jalan yang kita percaya paling efektif walaupun hasilnya kurang optimal atau bahkan tidak terbukti secara sains.

 

Maka dari itu, kita sebaiknya mempunyai pikiran yang terbuka dan pandangan yang tidak biasa untuk memulai perubahan perubahan tersebut.

 

cara membuat tubuh ideal
Kebiasaan sudah pasti akan membentuk tubuh anda dengan sendirinya.

 

Perubahan tidak perlu dilakukan secara drastis dan ekstrim. Percayalah, hal seperti itu justru saya temukan sangat mengganggu. Bagaimana tidak, anda seakan membawa sebuah kebiasaan aneh yang harus dibiasakan saat itu juga.

 

Tidak percaya? Tanyakan pada diri anda sendiri hari pertama anda memulai diet yang ekstrim.

 

Berapa lama ia bertahan?

 

7 hari ?

 

5 hari ?

 

Atau ……….

 

Tips bagi anda untuk memulai langkah awal. Hal ini dapat dimulai sesederhana mungkin seperti minum air lebih banyak .

 

Masih banyak sekali pandangan bahwa minum banyak air itu membuat badan terlihat lebih gemuk. Kenyataannya, semakin kita membatasi asupan cairan – semakin gencar badan kita mengikat air. Badan manusia itu tersusun dari ⅔ air – jadi fungsi tubuh banyak tergantung dari asupan air / cairan.

 

Contoh yang lain, perubahan seperti lebih banyak bergerak. Tentunya tidak sulit untuk menyisihkan 20 menit di pagi hari untuk jalan/lari pagi atau melakukan olah raga di rumah seperti push up, sit up, squat , dan gerakan body weight lainnya.

 

Tambahkan kebiasaan baru sedikit demi sedikit tiap minggu, seperti menambah porsi sayur , jalan lebih jauh dari tempat parkiran ke tempat kerja, dan lain lain.

 

Perubahan yang drastis seringkali tidak bisa dipertahankan baik secara hasil maupun prosesnya. Hampir semua yang instan ada “harga” yang harus dibayar di kemudian hari.

 

Penurunan berat badan yang ekstrim seperti 5-10 kg per minggu kemungkinan besar  disertai dengan muscle loss atau water loss , dan naiknya malah jauh lebih banyak. Seringkali kita memang keras kepala dan menolak untuk berubah , namun kunci kesuksesan harus dari diri kita masing masing dan dibantu oleh fitness coaches, panduan, dan nara sumber lainnya.

 

 

 

Comments

comments

Leave a Reply