5 Alasan Mengapa Anda sebaiknya Mengkonsumsi Whey Protein

5 Alasan yang membuat anda berpikir untuk segera membeli whey protein

 

Pertimbangkan apakah anda membutuhkan whey protein atau tidak dari sini.

Sebagian kecil orang mengatakan tidak penting menggunakan whey protein, namun sebagian besar mengatakan akan penting dalam menggunakan whey protein. Orang berkata jika tidak ingin mengembangkan massa otot tidak perlu menggunakan whey protein. Berikut ulasan kami tentang 5 manfaat penting whey protein bagi anda yang memperdulikan kesehatan dan kualitas bagi asupan nutrisi tubuh anda. Hal ini tidak berlaku hanya bagi yang gemar berlatih angkat beban, namun juga mereka yang aktif berolahraga.

 

1.        Mencegah penyusutan sel.

 

Setiap hari ketika Anda berlatih dan beraktifitas, sel-sel  tubuh aktif melakukan regenerasi dengan cara mengambil sejumlah protein sebagai bahan bakunya. Tidak hanya sel otot melainkan seluruh sel tubuh. Protein tersebut mensuplai tubuh dengan beragam asam amino. Salah satunya berfungsi untuk memperbaiki dan membangun jaringan baru pada tubuh termasuk didalamnya jaringan otot.

 

Jika tubuh Anda tidak mendapat asupan protein atau jumlah yang amat sedikit maka proses pembangunan kembali otot dan jaringan tubuh lain akan terhambat. Dapat diibaratkan sebuah hutan dengan pohon lebat dan setiap harinya hanya ditebangi tanpa adanya regenerasi pohon baru. Hal ini tidak hanya merusak secara estetis namun juga dapat merusak ekosistem didalamnya. Begitu pula cara kerjanya sebuah sel pada tubuh Anda.

 

Protein juga berperan dalam menjaga keseimbangan nitrogen yang berfungsi  untuk membangun keseimbangan otot. Jika Anda sedang menjalani diet untuk mengatasi kegemukan yang berlebihan dan lemak menumpuk maka anda mau tidak mau mengurangi jenis-jenis makanan karbohidrat padat seperti nasi, roti, atau pasta. Maka tambahan asupan protein dalam pola makan akan membantu anda dalam mendapatkan energi yang cukup.

 

2.       Mempercepat tingkat pemulihan tubuh setelah berolahraga.

 

Seperti dijelaskan diatas, protein berperan penting dalam menunjang pemulihan dan regenerasi sel-sel tubuh.

 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sintesis protein menjadi lebih cepat ketika asupan sebuah protein dikonsumsi sebelum dan sesudah latihan baik itu anaerobik maupun aerobik. Untuk itu penggunaan suplemen yang cepat diserap seperti susu whey protein tentu akan memaksimalkan latihan yang anda lakukan.

 

Fungsi asupan protein pada sebelum latihan akan mempersiapkan otot-otot Anda untuk berolahraga dengan asupan energy yang siap pakai dan tahan lama, sedangkan asupan protein yang dikonsumsi pasca latihan akan menambah asupan asam amino baru yang siap digunakan untuk membantu proses pemulihan sel tubuh.

 

3.       Tidak hanya otot, tulang pun diperkuat.

 

Banyak dari kita tidak mendapat cukup kalsium atau bahkan tidak terlalu memperhatikan nutrisi ini dalam setiap pola makan kita. Padalah kalsium punya peranan yang amat besar bagi pertumbuhan dan penguatan tulang manusia.

 

Kalsium merupakan ion yang berperan penting dalam kontraksi otot. Jadi bila kadar kalsium Anda rendah, kemungkinan besar otot tidak akan mencapai hasil yang Anda inginkan.

 

Whey Protein mengandung 20% dari kebutuhan kalsium harian Anda hanya dengan satu sendok saja. Jika whey protein digunakan pra dan pasca latihan, maka Anda akan memenuhi hampir setengah dari kebutuhan kalsium harian.

 

4.       Menunjang Vegetarian

 

Bila Anda seorang vegetarian, menyesuaikan kebutuhan protein Anda bisa jadi merupakan sebuah tantangan. Pasalnya sulit bagi seorang vegetarian untuk mendapatkan asupan protein yang pas dari kombinasi biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang termasuk dalam protein nabati. Menambahkan asupan whey protein dalam pola makan vegetarian tentu akan amat sangat membantu dalam kebutuhan protein harian. Pastikan Anda merupakan vegetarian yang memperbolehkan mengkonsumsi susu sapi karena whey protein merupakan produk olahan dari susu sapi.

 

5.       Asupan Tambahan dalam jadwal makan

 

Merencanakan dan mempersiapkan makan adalahhal yang penting.Namun, tidaksedikit orang yang tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk merencanakan menu makanan selama seminggu. Oleh karena itu, sebagian dari kita beralih ke makanan cepat saji yang tidak sehat.

 

Whey protein dapat membantu menyeimbangkan asupan kebutuhan karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Hanya butuh 2 menit untuk mengkonsumsinya bersama pisang segar dan susu. Bila Satu scoop whey protein, sepertiga cangkir oat kering, dan secangkir atau 2 cangkir air cukup membuat Anda berenergi. Gunakan whey protein sebagai tambahan asupan dan bukannya sebagai pengganti asupan makanan.

 

Kembali kepada Anda, jika anda memiliki aktifitas yang tinggi, mengharapkan progress yang jauh lebih efektif dan efisien, serta kualitas nutrisi yang lebih baik tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi whey protein sebagai tambahan nutrisi. Tidak ada kata mahal jika kita bicara manfaat dan kualitas.

Referensi :

Cree, M.G. et al. (2004). Ingestion of Casein and Whey Proteins Results in Muscle Anabolism after Resistance Exercise.Medicine & Science in Sports & Exercise.Vol 36, Issue 12:2073-2081

Comments

comments

Leave a Reply