Bagaimana Menurunkan Berat Badan : 4 Langkah Mudah Berdasar Sains.

Bagaimana menurunkan berat badan dengan berdasar sains dan bukan hanya sekadar asal – asalan.

menurunkan berat badan

 

Menurunkan berat badan sekarang sudah menjadi masalah banyak orang. Bagaimana tidak, kemudahan dalam berkomunikasi, transportasi, hingga kebiasaan profesi sudah jauh lebih maju dari sebelumnya.

Dulu sekalipun bekerja di kantor ketika jam makan Anda akan berjalan mencari makan diluar, namun sekarang kalau Anda mager maka layanan jasa antar pun sudah marak digunakan.

.

Lower activity, bigger intake.

.

Kurang lebih seperti inilah yang terjadi dewasa ini. Menyikapi hal ini tentu sudah banyak yang menyadari bahwa pola maupun kebiasaan seperti ini adalah kebiasaan buruk. Untuk itu mereka banyak mencoba mengubah pola makannya dan memulai diet, mungkin termasuk Anda saat ini.

Sayangnya, sebagian besar dari pelaku diet masih berpikir bahwa diet adalah TIDAK MAKAN.

Padahal, pemahaman inilah yang membuat mereka yang menjalani menjadi gagal.

Atau mungkin, baru mau menjalani saja sudah takut terlebih dahulu.

 

menrurunkan berat badan
Kebiasaan dengan aktifitas yang rendah membuat bentuk tubuh manusia berbeda saat ini

 

.

Diet tidak mudah memang, tapi tidak sesulit itu. Perlu Anda ketahui bahwa makanan tidak terbagi menjadi 2 yaitu SEHAT dan TIDAK SEHAT.

Tidak ada yang membaginya menjadi 2 seperti itu.

Namun Anda mungkin sering menemukan istilah MAKANAN TIDAK SEHAT. Ini hanya istilah yang digunakan agar Anda tidak mengonsumsi secara berlebihan karena memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan dalam jangka panjang.

.

Sebagai contoh pada nasi putih dan nasi merah. Dikatakan nasi putih lebih bagus dari nasi merah. Hal ini memang dibenarkan jika dilihat dari kandungan serat, namun tidak jika nasi merah tetap dikonsumsi secara berlebihan.

Mengapa?

Indeks glikemik yang dimiliki oleh nasi merah kurang lebih SAMA seperti yang dikandung oleh nasi putih.

Bagi kami makanan tidak sehat adalah makanan basi, ya karena mengandung racun tentunya.

.

Untuk membantu Anda kami merangkum 4 komponen besar yang akan mempengaruhi diet setiap orang.

Apa yang akan terjadi pada tubuh Anda?

  • Anda tidak akan terus menerus tersiksa oleh rasa lapar
  • Menurunkan keinginan untuk
  • Membuat tubuh menjadi lebih padat. Tidak bergelambir sekalipun menurunkan banyak berat.

Ingat, menginginkan tubuh baru berarti ada usaha lebih yang harus dilakukan yaitu mengubah gaya hidup.

Baca juga : Panduan Fatloss untuk pemula

.

1.Kurangi asupan gula dan karbohidrat

 

menurunkan berat badan
karbohidrat dan gula memiliki pengaruh yang sama pada tubuh

 

Gula terkandung juga dalam karbohidrat karena akan diolah pada tubuh menjadi glukosa dan berperan sebagai sumber energi.

Karbohidrat bersifat menstimulasi peningkatan insulin pada tubuh. Konsumsi karbohidrat simple seperti gula mampu memicu peningkatan insulin dengan cepat. Hormon inilah yang akan membawa gula dalam darah untuk disimpan di jaringan otot dan hati sebagai lemak (energi cadangan tubuh).

Namun berbeda halnya jika produksi insulin menurun, tubuh akan mengambil energi cadangan berupa lemak tadi dan digunakan sebagai sumber energi.

Inilah yang menyebabkan lemak Anda berkurang.

Tidak hanya itu, menurunkan jumlah karbohidrat akan membuat ginjal membuang kelebihan sodium dan air keluar dari tubuh. Hal ini akan mengurangi rasa buncit pada perut.

Potong asupan karbohidrat Anda, turunkan kadar insulin, dan Anda akan makan dengan kalori yang lebih kecil secara tidak sadar. Tidak hanya itu, menurunkan asupan karbohidrat akan menurunkan nafsu makan berlebih.

.

2.Utamakan asupan protein, sayuran, dan lemak

 

menurunkan berat badan

 

Anda tentu bertanya – tanya dengan pola makan ini.

.

Lemak?

Bahan makanan yang pasti menjadi prioritas makanan yang “disingkirkan” ketika Anda ingin diet, namun kenapa justru lemak menjadi makanan yang disarankan?

Jangan pernah takut dengan penggunaan lemak. Sumber lemak seperti minyak kelapa mengandung MCT (Medium Chain Trigliseride) yang cukup tinggi. Komposisi ini sangat membantu untuk menjaga nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Tidak hanya itu, lemak tidak jenuh justru membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung yang diakibatkan oleh penumpukan lemak pada pembuluh darah.

.

Sedangkan manfaat dari diet tinggi protein adalah ia mampu menurunkan craving akan makanan hingga 60%, menurunkan keinginan untuk ngemil yang berlebihan pada malam hari, dan menurunkan jumlah kalori harian hingga 450 kalori.

.

3.Angkat beban 3x dalam seminggu

 

menurunkan berat badan
latihan beban, sering menjadi momok yang menakutkan. Padahal banyak manfaat yang bisa anda miliki

 

Apakah Anda wajib melakukan ini?

Tidak…

Kami hanya merekomendasikan untuk berlatih beban minimal 3x dalam seminggu. Lakukan pemanasan, latih 1 otot mayor dan 1 otot minor dalam setiap sesi, lalu lakukan pendinginan.

.

Baca juga : Q&A sebelum anda mulai berlatih beban !! Kami menjawabnya semua disini

Lakukan 4 varian gerakan pada setiap otot yang Anda latih.

Latihan beban akan sangat membantu Anda dalam peningkatan kalori yang Anda gunakan setiap harinya. Tidak hanya itu, penambahan massa otot berbanding lurus dengan peningkatan metabolisme pada tubuh. Hal ini sangat penting mengingat pada program weight loss, tubuh memang akan menurunkan tingkat metabolismenya.

.

4.Re-feed

Berdasar prinsip pola makan diatas dengan aturan tinggi protein dan lemak maka tubuh hanya akan mendapat asupan karbohidrat sebesar 75 – 125 gr per hari. Ini jumlah yang sangat sedikit. Untuk itulah ada yang namanya fase refeed. Hal ini dilakukan dengan cara meningkatkan asupan karbohidrat hanya pada hari tertentu selama maksimal 1 hari saja selama minimal 6 hari menjalani diet tinggi protein.

Hal ini ditujukan agar tubuh tidak “jenuh” dan diharapkan mampu memberi respon yang sama saat seperti Anda memulai diet tinggi protein.

Refeed hanya dilakukan selama 1 hari dan tidak lebih. Jika diteruskan kebiasaan maka akan mengganggu program yang sedang Anda jalani.

Fase ini bukan menjadi kewajiban, namun dapat Anda lakukan.

Kesimpulan

Berbagai macam tips mungkin banyak Anda dengar, namun kami hanya merangkum 3 aturan terpenting yang tidak dapat Anda acuhkan. Sebaik apapun diet tentu yang terbaik adalah konsisten, hal ini sama ketika Anda mendapatkan berat badan berlebih dengan konsisten makan yang tidak teratur.

Comments

comments

Leave a Reply