4 Kesalahan Utama Dalam Latihan Beban

kesalahan utama pemula

Ini bukan perlombaan, tapi hasil yang berbicara pada akhirnya.

 

Terkadang, pemula ketika memulai program latihan, melakukan beberapa tindakan yang tidak perlu hanya supaya dianggap sudah berpengalaman dalam melakukan berlatih beban. Berikut beberapa tindakan yang harusnya dihindari oleh pemula :

 

1.Makin Berat Makin Bagus

 

kesalahan utama pemula

 

Semakin berat beban yang mereka angkat, semakin cepat pula mereka mendapat tubuh yang mereka inginkan atau naik derajatnya diantara member yang lain. Padahal ini salah. Gunakan beban yang sesuai kemampuan tubuh saat itu dan tambahkan juga sesuai kemampuan. Para professional mengangkat beban-beban yang luar biasa berat, padahal itulah beban yang memang sesuai kemampuan tubuh mereka saat itu. Bagaimanapun seorang Pro juga pasti pernah menjadi amatir.

Tips :

Utamakan form atau bentuk gerakan dari awal hingga akhir bukan jumlah beban yang anda gunakan. Beban sedang dengan form yang sempurna akan menghasilkan hasil yang jauh lebih baik.

 

2.Pola Makan

 

Bagi yang ingin menambah berat badan tentu beranggapan, bahwa semakin banyak makan semakin besar pula badan yang mereka buat. Sebaliknya bagi yang ingin menurunkan berat badan, semakin sedikit mereka makan semakin mudah kurus tubuhnya.

Mereka juga tidak tahu, seberapa banyak kalori yang mereka butuhkan. Tapi kami sendiri FitnesTips tidak benar-benar mengetahui sebenarnya kebutuhan kalori harian kami. Ya!! Siapa yang mampu mengatakan secara spesifik kebutuhan kalori seseorang bahkan secara mendetail, karena yang ada hanya perkiraan kalori harian dengan catatan menyesuaikan aktifitas yang dilakukan.

Tips :

Jangan hanya meniru mentah-mentah pola makan seseorang atau yang kami paparkan, lakukan riset terhadap tubuh sendiri untuk menyesuaikan kebiasaan anda. Hal ini dikarenakan hampir setiap tubuh manusia berbeda keistimewaannya.

 

3.Overtraining

 

kesalahan saat latihan beban

 

Banyak pemula yang beranggapan, bahwa semakin berat latihan tersebut maka semakin cepat pula hasil yang akan mereka capai. Sebanyak apa pun latihan, diperlukan waktu untuk beristirahat, untuk memberi asupan nutrisi yang baik dsb. Otot dibentuk adalah pada saat setelah sesi latihan kita selesai.

 Tips :

Usahakan memberi jeda 1 hari sebelum memulai sesi selanjutnya untuk berolahraga, bila nanti sudah berjalan cukup lama dan anda dapat dikatakan advance intensitas & frekuensi latihan bisa ditingkatkan.

 

4.Suplemen Berlebih

 

Kami tidak mengatakan itu dapat membahayakan tubuh tapi sekali lagi FitnesTips berpendapat segala hal yang dijalankan berlebihan tidak pernah baik hasilnya. Suplemen memang membantu dalam menyediakan nutrisi berkualitas dan efisien.Namun mengutamakannya jauh diatas makanan utama kita adalah hal yang kurang baik. Bagi pemula prioritaskan untuk mengkonsumsi suplemen berupa whey protein dan multivitamin. Jenis suplemen lain dapat menyusul seiring kebutuhan masing-masing pribadi.

 

Tips :

Prioritaskan terlebih dahulu whey protein dan multivitamin untuk mendukung progress anda. Jenis suplemen lain dapat menyusul seiring dengan bertambahnya intensitas dan frekuensi latihan anda.

 

Comments

comments

Leave a Reply